Home News Merajut Kebersamaan Lewat Natalan Keluarga Manggarai di Yogyakarta

Merajut Kebersamaan Lewat Natalan Keluarga Manggarai di Yogyakarta

453
0
Romo Valens Aquino CMF (kanan) saat memimpin misa Perayaan Natal Keluarga Manggarai di Yogyakarta di Kopi Josari Dusun Josari, Desa Sukoharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, Minggu (5/1/2020). Foto : Philipus Jehamun/Bernasnews.com

BERNASNEWS.COM — Keluarga orangtua Manggarai di Yogyakarta, baik yang tergabung dalam kelompok arisan keluarga Armaya maupun di luar kelompok arisan menghadiri perayaan Natal di Kopi Josari Dusun Josari, Desa Sukoharjo, Kecamatan Ngaglik, Sleman, Minggu (5/1/2020). Perayaan Natal sekaligus arisan itu diawali dengan misa yang dipimpin Romo Valens Aquino CMF.

Para mahasiswa maupun orangtua dengan khusuk mengikuti misa Perayaan Natal Keluarga Manggarai, Minggu (5/1/2020). Foto : Philipus Jehamun/ Bernasnews.com

Perayaan Natal yang diprakarsai kelompok arisan Armaya ini merupakan acara rutin setiap tahun dan diadakan bersamaan dengan arisan untuk bulan Januari. Meski diprakarsai kelompok arisan Armaya, namun perayaan Natal juga mengundang dan dihadiri keluarga yang bukan anggota kelompok arisan.

“Perayaan Natal merupakan salah satu sarana untuk merajut kebersamaan keluarga orangtua Manggarai di Yogyakarta. Karena meski acara ini diprakarsai kelompok arisan Armaya, namun semua keluarga baik yang tergabung dalam kelompok arisan maupun di luar kelompok arisan juga diundang dan Puji Tuhan hampir semuanya hadir, seperti Kraeng Jeremias Lemek dan Kraeng Andreas Korsini,” kata Hendrikus Geo yang biasa disapa Kraeng Endi, Ketua Kelompok Armaya, saat membuka acara Perayaan Natal.

Sebagian mahasiswa dan orangtua foto bersama Romo Valens Aquiono CMF, Minggu (5/1/2020). Foto : Philipus Jehamun/Bernasnews.com

Kraeng Endi berharap acara perayaan Natal tahun-tahun berikutnya bisa dihadiri lebih banyak keluarga orangtua Manggarai di Yogyakarta, baik yang tergabung dalam kelompok arisan maupun di luar kelompok arisan. Karena perayaan Natal merupakan salah satu sarana yang tepat untuk merajut kebersamaan keluarga Manggarai sebagai sesama warga perantauan.

Dalam perayaan Natal dengan tema Hiduplah sebagai Sahabat bagi Semua Orang, yang gacu pada tema Natal nasional 2019, Romo Valens Aquino CMF mengatakan, misa perayaan Natal dan kumpul-kumpul bersama merupakan kebiasaan orang Manggarai di mana pun berada untuk menjalin persahabatan. Dan dalam kumpul bersama itu, orang Manggarai selalu ceria, tersenyum dan penuh kegembiraan.

Keluarga Armaya foto bersama usai misa perayaan Natal, Minggu (5/1/2020). Foto : Philipus Jehamun/Bernasnews.com

Dengan kebiasaan-kebiasaan seperti itu, menurut Romo Valens, orang Manggarai mudah bergaul dan berteman dengan siapa pun dan dimana pun. Karena itu, tema Natal 2019 yakni Hiduplah sebagai Sahabat bagi Semua Orang sebenarnya hanya untuk memperteguh apa yang sudah dilakukan orang Manggarai selama ini, yang selalu mau menjadi sahabat bagi siapa pun dan jadi sahabat dari siapa pun.

Keluarga orangtua Manggarari foto bersama, Minggu (5/1/2020).Foto : Philipus Jehamun/Bernasnews.com

Dan seperti acara-acara pesta orang Manggarai pada umum, perayaan Natal kali ini diakhiri dengan goyang bersama yang diiringi lagu-lagu/musik khas Manggarai dan NTT pada umunya yang enerjik dan atraktif. Semua yang hadir, baik anak-anak maupun orangtua, pria dan wanita, beramai-ramai bergoyang mengikuti irama lagu/ musik khas Manggarai atau NTT. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here