Thursday, August 18, 2022
spot_img
spot_img
HomeEkonomiMenyesuaikan Fasad Malioboro, Pasar Beringharjo Akan Dicat Ulang

Menyesuaikan Fasad Malioboro, Pasar Beringharjo Akan Dicat Ulang

bernasnews.com — Fasad bangunan Pasar Beringharjo juga akan dicat ulang dikembalikan ke warna putih sesuai ketentuan rencana penataan fasad bangunan Malioboro. Demikian disampaikan oleh Kepala Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta, Yunianto Dwisutono.

“Rencana teknis terkait hal tersebut masih terus disiapkan dan dikomunikasikan dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Yogyakarta,” terang Yunianto, seperti dikutip dari Portal Berita Pemerintah Kota Yogyakarta, Selasa (1/3/2022).

Paska penataan pedagang kaki lima (PKL) di Malioboro, membuat fasad atau wajah depan bangunan- bangunan di kawasan ikon wisatanya Kota Yogyakarta ini menjadi tampak. Salah satunya wajah bangunan cagar budaya Pasar Beringharjo yang lebih terlihat dan rapi dibandingkan sebelum ada penataan PKL

Sebelumnya sebagian fasad bangunan Pasar Beringharjo tertutup oleh para PKL yang berjualan di depan bangunan cagar budaya itu. Terutama fasad bangunan deretan kios- kios yang berada di sisi barat Pasar Beringharjo. “Sekarang para PKL yang berjualan di depan Pasar Beringharjo bersama para PKL kawasan Malioboro lainnya menempati Teras Malioboro,” kata Yunianto.

Dikatakan, sebelumnya ada sekitar 117 PKL yang berjualan di depan Pasar Beringharjo. Para PKL tersebut menjual kuliner pecel, bakpia dan lainnya. Dia menyatakan penataan PKL di depan Pasar Beringharjo ke Teras Malioboro sudah sesuai dengan kesepakatan dari Pemda DIY dan Pemkot Yogyakarta.

Pihaknya juga berkomitmen memastikan pedestrian di depan Pasar Beringharjo bersih dari aktivitas perdagangan PKL maupun pedagang asongan. “Kami siagakan petugas untuk pengawasan supaya tidak ada pedagang dan asongan yang mencuri- curi jualan,” tegas Yunianto.

Pengecatan ulang kemungkinan dalam waktu dekat dan harus disesuaikan dengan gedung- gedung lain. Warnanya dikembalikan menjadi putih tulang. “Teknisnya dari sisi mana dulu yang dipercantik, kami masih menunggu. Prinsip kami siap,” ujar Yunianto Dwisutono .

Menurutnya, penataan PKL di depan Pasar Beringharjo kawasan Malioboro itu diharapkan memberikan kenyamanan bagi pengunjung pasar. “Apalagi Pasar Beringharjo selama ini sebagai salah satu tujuan para wisatawan yang berkunjung ke Kota Yogyakarta,” pungkas Kepala Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta. (ted)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments