Tuesday, May 17, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeMenyemarakkan Ramadhan 1443 H, Masjid Masyfa Wates Gelar Berbagai Kegiatan

Menyemarakkan Ramadhan 1443 H, Masjid Masyfa Wates Gelar Berbagai Kegiatan

bernasnews.com – Selain kegiatan ritual seperti shalat tarwih, kultum, buka bersama, tadarus, TPA, peringatan Nuzulul Qur’an, dan taklim yang semuanya berfungsi memupuk keshalihan individu, Remaja Islam Masijd (Rismas) Masyfa, Jalan Pahlawan, Wates, Kulon Progo. Juga melaksanakan kegiatan untuk memupuk keshalihan sosial.

Kegiatan itu diantaranya, diawali pembukaan Ramadhan 1443 H, tanggal 2 April 2022, dengan Pasar Ramadhan Masyfa (PRM) yang dikomandani Ketua Rismas David dan Ketua PRM Purwoko. Berhasil menghimpun 40 pedagang aneka minuman dan makanan buka puasa di sekitar Wates. PRM ini berada di sisi barat Masjid Masyfa.

Ketua Takmir Masjid Masyfa,  Dr R. Wakhid Akhdinirwanto, M Si, mengatakan, tujuan diadakannya PMR adalah (1) untuk mendekatkan remaja kepada masjid. (2) untuk melatih Rismas menumbuhkan dan mengembangkan potensi dan kompetensinya guna menyongsong masa depan yang semakin kompleks.

“Rismas dituntut berpikir kritis dan dapat menyelesaikan masalah, berpikir kreatif untuk menemukan inovasi, melakukan komunikasi, melakukan kolaborasi, dan mengalami literasi, sebagaimana kecakapan hidup abad ke-21 yang direkomendasikan UNESCO,” jelas Wakhid, Sabtu (30/4/2022).

Remaja Islam Masijd (Rismas) Masyfa foto bersama dengan Pengurus Takmir Masjid Masyfa, Kamis (28/4/2022), sebelum pelaksanaan kegiatan ‘Berbagi’. (Foto: Isimewa)

Menurut dia, hal ini merupakan salah satu bentuk Ibadah ghairu mahdhah, yaitu segala amalan yang diizinkan oleh Allah yang tata cara dan perincian-perinciannya tidak ditetapkan dengan jelas. “Dengan prinsip, keberadaannya didasarkan atas tidak adanya dalil yang melarang, selama Allah dan Rasul-Nya tidak melarang maka ibadah bentuk ini boleh dilakukan,” ujar Wakhid.

Kemudian disusul dengan kegiatan ‘Berbagi’, yang dimotori Wildan dan Nadia, yang dilaksanakan pada Kamis,  28 Ramadhan 1443 H atau 28 April 2022 M, jam 15.30 WIB di Masjid Masyfa. Tujuan dalam giat berbagi ini, diantaranya adalah melatih kepekaan remaja masjid untuk tergerak hatinya melakukan kegiatan berbagi kepada sesama, menumbuhkan rasa syukur, menanamkan rasa percaya diri. Juga melatih bertutur kata dengan bahasa Jawa halus (Kromo).

“Diadakannya kegiatan yang berkaitan dengn keshalihan sosial tersebut, sesungguhnya untuk menunjukkan bahwa masjid bukan hanya sebagai tempat ibadah ritual saja, tapi juga sebagai tempat ibadah aktual seperti pusat pendidikan, fungsi sosial ekonomi, kebudayaan, dan lainnya,” beber Wakhid.

Yang tidak kalah menariknya, imbuh Wakhid, Rismas bekerja sama dengan sebuah LSM di Kulon Progo, menghadirkan imam dan penceramah dari Palestina, Syeikh Muhammad Sya’ir. “Tujuannya untuk memberikan pengalaman kepada jamaah diimami dari imam tanah kelahiran para nabi,” pungkasnya. (ted)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments