Sunday, August 14, 2022
spot_imgspot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsMenyambut Natal 2021, ASN, TNI, Polri Kristiani Kabupaten Sleman Ikuti Pembinaan Rohani

Menyambut Natal 2021, ASN, TNI, Polri Kristiani Kabupaten Sleman Ikuti Pembinaan Rohani

BERNASNEWS.COM – ASN, TNI, Polri yang Kristiani Pemerintah Kabupaten Sleman mengikuti kegiatan Pembinaan Iman di Gedung Serbaguna Kabupaten Sleman Jalan Turgo Beran, Tridadi, Sleman, Jumat, 10 Desember 2021. Kegiatan dengan tema Cinta Kasih Kristus yang Menggerakkan Persaudaraan itu digelar dalam rangka menyambut Natal 2021.

Ir Dwike  Wijayanti MT, Ketua Panitia, mengatakan dalam acara tersebut menghadirkan dua pembina rohani yakni Romo AR Yudono Suwondo Pr (Vikaris Episkopal Yogyakarta Barat) dan Pendeta Simon Supriyana Mth (Ketua Umum BKSGK/Badan Kerja Sama Gereja Kristen) Kabupaten Sleman). Sementara CB Ismulyadi selaku moderator mengemas pembinaan rohani ini dengan cara dialog dengan dua pembina rohani.

“Dengan rasa yang penuh bahagia dan suka cita, kami diberi kesempatan dan diperkenankan untuk melaksanakan kegiatan pembinaan rohani. Kegiatan yang telah lama dirindukan, saat-saat berkumpul saling menyapa, misa bersama, pembinaan iman bersama, berbagi kebahagiaan dalam baksos serta perayaan peringatan Hari Besar Kristiani,” kata Dwike Wijayanti dalam rilis yang dikirim kepada Bernasnews.com, Jumat 10 Desember 2021.

CB. Ismulyadi, SS. MHum (Moderator) bersama Romo AR. Yudono Suwondo, Pr (Vikep Kevikepan DIY Barat) dan Pendeta Simon Supriyana, MTh (Ketua Umum Badan Kerja Sama Gereja Kristen Kabupaten Sleman.Foto: kirimn Ismul

Dikatakan, rasa bahagia dan suka cita muncul setelah kurang lebih 2 tahun sejak munculnya pandemi dan masih dalam suasana menuju normal baru (yang sudah merupakan kebiasaan saat ini), kegiatan pembinaan rohani saat ini dilaksanakan secara sederhana, khidmat, tertib, aman dengan tetap dalam koridor mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah.

Menurut Dwike Wijayanti, dengan tema Cinta Kasih Kristus yang Menggerakkan Persaudaraan, sebagai ASN, TNI dan Polri Kristiani yang ingin berpartisipasi penuh iman dan kegembiraan kasih, sadar sepenuh hati bahwa Cinta Kasih Sejati Yesus menjadi pendorong panggilan dan peningkatan pelayanan, menjadi garam dan terang dunia dan memiliki kehendak untuk berpikir seperti Kristus.

Sementara Romo AR Yudono Suwondo Pr mengatakan bahwa kegiatan seperti ini bagus dan menarik karena menjadi salah satu cara untuk mengenal dan merekatkan ikatan persaudaraan. “Nilai persaudaraan bertitik tolak dari kesadaran diri sebagai pribadi yang diciptakan dan dikasihi Allah. Melalui pengalaman iman pada Allah, yang telah menciptakan alam semesta, ciptaan, dan seluruh umat manusia (setara karena rahmat-Nya), kita dipanggil untuk menyatakan persaudaraan manusia,” kata Romo Wondo.

Para ASN, TNI, Polri Kristiani Kabupaten Sleman saat mengikuti Pembinaan Iman dalam rangka Peringatan Natal 2021. Foto: kiriman Ismul

Sedangkan Pendeta Simon mengatakan bahwa musuh satu terlalu banyak, saudara seribu terlalu sedikit. Karena itu, kita perlu mendasarkan hidup kita untuk membangun persaudaraan adalah kasih. “Kasih itu bergerak. Kasih itu tidak berdiam diri, selalu aktif dan tidak berdiam diri atau menunggu. Kasih tidak pesimis, selalu positif, tidak curiga dan selalu negatif,” kata Pendeta Simon.

Melalui sharing pengalaman bakti sosial di beberapa tempat dan kepada para saudara yang tertimpa bencana erupsi Gunung Semeru, Lumajang, Pendeta Simon juga mengajak hadirin untuk merenungkan isi Kitab Suci.

“Tampak ada kerinduan dari para ASN, TNI, Polri Kristiani Kabupaten Sleman untuk saling bertemu dan menyapa. Pembinaan rohani ini menjadi ruang perjumpaan. Tema renungan sangat tepat dengan situasi saat ini. Semoga pembinaan rohani ini menjadi inspirasi persaudaraan sejati dan terwujud dalam karya sebagai karyawan-karyawati, ASN, TNI/Polri di Kabupaten Sleman,” kata Ratih Wulandari, S.I.Pust, ASN Kabupaten Sleman.

“Pembinaan rohani ini dikemas dengan cukup bagus. Dialogis, simple dan tidak monoton. Proficiat untuk Panitia,” kesan YB Setiarjo, Guru Pendidikan Agama Katolik di salah satu SMA di Kabupaten Sleman. (lip)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments