Home News Menyambut Hari Kesehatan Nasional 2021, RSUP Dr Sardjito Gelar Baksos Operasi Katarak...

Menyambut Hari Kesehatan Nasional 2021, RSUP Dr Sardjito Gelar Baksos Operasi Katarak Gratis

109
0
Suasana kegiatan operasi katarak gratis yang diselenggarakan oleh RSUP Dr Sardjito dan Departemen Ilmu Kesehatan Mata RSUP Dr. Sardjito/FKKMK UGM dengan Yayasan Baitul Al-Khariyah serta Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Sabtu (25/9/2021). Foto: Nuning Harginingsih/ Bernasnews.com.

BERNASNEWS.COM — Saat ini katarak menjadi salah satu penyebab kebutaan yang paling sering muncul di dunia. Di Indonesia, khususnya Yogyakarta penyakit katarak menempati urutan pertama penyebab kebutaan. Oleh karena itu, dalam rangka menyambut Hari Kesehatan Nasional 2021, RSUP Dr. Sardjito melakukan giat bhakti sosial (baksos) operasi katarak gratis, Sabtu (25/9/2021).

Kegiatan tersebut terselenggaran atas kerjasama antara RSUP Dr Sardjito dan Departemen Ilmu Kesehatan Mata RSUP Dr. Sardjito/FKKMK UGM dengan Yayasan Baitul Al-Khariyah serta Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

Direktur Medis dan Keperawatan RSUP Dr. Sardjito Dr.dr.Sri Mulatsih,SpA(K) MPH menyampaikan, bahwa kolaborasi antara semua pihak diharapkan terus terjalin dengan baik kedepannya. “Selain itu fungsi RSUP Dr. Sardjito sebagai rumah sakit pendidikan tentu saja selalu berupaya mengembangkan dan memberikan pelayanan yang lebih baik bagi masyarakat,” ungkapnya.

Direktur Medis dan Keperawatan RSUP Dr. Sardjito Dr.dr.Sri Mulatsih,SpA(K) MPH saat menyampaikan sambutan dalam pembukaan giat baksos operasi katarak gratis. (Nuning Harginingsih/ Bernasnews.com)

Dengan kegiatan bakti sosial ini, lanjut dr. Sri Mulatsih, menjadi wujud kepedulian RSUP Dr Sardjito dalam meringankan dan membantu masyarakat yang tidak mampu memperoleh layanan kesehatan mata.

Sementara itu, Ketua Panitia Kegiatan dr. Firman Setya Wardhana, MKes, SpM(K) menyampaikan, sampai saat ini katarak masih menjadi problem dan jika katarak ditangani akan bisa kembali fungsi penglihatannya.

“Menjadi masalah dalam masyarakat, karena masih terkendalanya akses layanan kesehatan dan ketidakmampuan secara ekonomi masyarakat untuk melakukan operasi katarak,” bebernya.

Dikatakan, dalam penyelenggaraan ini diatur sesuai koridor protokol kesehatan dengan screening melalui swab sebelum ke RSUP Dr Sardjito dengan target peserta operasi katarak sejumlah 135 pasien. “Operasi ini didukung oleh spesialis-spesialis mata dengan tehnik operasi tanpa jahitan,” terang dr. Firman.

Kegiatan ini dilaksanakan secara bertahap di RSUP Dr Sardjito, mulai tanggal 25 dan 26 September 2021 untuk tahap pertama, dan tanggal 2 – 3 Oktober 2021 untuk tahap kedua, serta tanggal 9 -10 Oktober 2021 untuk tahap ketiga.

“Kegiatan bakti sosial pemeriksaan dan operasi katarak gratis ini ditujukan bagi masyarakat yang kurang mampu secara sosial. Kegiatan tersebut dilaksanakan melalui tahap pemeriksaan mata lengkap terlebih dahulu, yang dilanjutkan dengan operasi katarak gratis,” pungkas Ketua Panitia dr. Firman Setya Wardhana, M.Kes, Sp.M(K) dalam rilisnya. (nun/ ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here