Sunday, May 22, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomePendidikanMenumbuhkan Empati dan Simpati dengan Berkunjung ke Panti Asuhan

Menumbuhkan Empati dan Simpati dengan Berkunjung ke Panti Asuhan

BERNASNEWS.COM – Diakui atau tidak, rasa empati dan simpati di kalangan anak-anak saat ini semakin terkikis karena mereka hidup dan tumbuh dalam zona nyaman. Karena itu, untuk menumbuhkan rasa empati dan simpati, anak-anak perlu diajak ke panti asuhan agar mereka bisa melihat langsung kondisi penghuni panti asuhan.

Hal itulah yang dilakukan murid kelas 1 SD Islam Al Azhar 38 Bantul dengan melakukan kunjungan ke Panti Asuhan Bina Siwi, Jumat (22/11/2019). Kegiatan yang diikuti 55 murid kelas 1 tersebut merupakan kegiatan Puncak Tema Term II.

Para murid kelas 1 SD Islam Al Azhar 38 Bantul menyimak penampilan penghuni Panti Asuhan Bina Siwi, Jumat (22/11/2019). Foto : Istimewa

“Semakin terkikisnya rasa empati dan simpati di masyarakat ditambah lagi dengan murid-murid yang tumbuh di zona nyaman menjadi dasar kami memilih kegiatan dengan berkunjung ke Panti Asuhan Bina Siwi. Dengan kunjungan tersebut diharapkan dapat menumbuhkan rasa empati, simpati dan rasa syukur sejak dini,” kata Pitri Nurhidayah, Koordinator dan Guru Kelas 1 SD Islam Al Azhar 38 Bantul, dalam rilis yang dikirim ke Redaksi Bernasnews.com, Jumat (22/11/2019).

Penghuni Panti Asuhan Bina Siwi, Jumat (22/11/2019). Foto : Istimewa

Menurut Pitri Nurhidayaj, ada 38 anak di Panti Asuhan Bina Siwi yang sebagian besar merupakan anak-anak disabilitas. “Di sana kami menyaksikan penampilan-penampilan anak-anak tersebut, mulai dari bermain alat musik, menyanyi hingga nasyid. Murid-murid kami terlihat kagum dengan berbagai penampilan yang dilakukan para penghuni panti asuhan. Meski mereka adalah orang-orang yang memiliki kekurangan namun ternyata dapat mengolah kekurangan tersebut menjadi kelebihan yang mungkin justru orang lain tidak mampu melakukannya,” kata Pitri seraya menambahkan bahwa hal tersebut juga diharapkan agar rasa ingin berbagi dengan sesama pada murid-murid kami semakin bertambah. (lip)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments