Home News Menteri PUPR Benar-benar Serius Mempersiapkan Event MotoGP di Mandalika

Menteri PUPR Benar-benar Serius Mempersiapkan Event MotoGP di Mandalika

63
0
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat bersama Presiden Jokow Widodo meninjau kesiapan infrastruktur sepanjang koridor Sirkuit Mandalika di Provinsi NTB, Kamis (13/1/2022). Foto: [email protected]

BERNASNEWS.COM – Menteri PUPR Basuki Hadimuljono benar-benar serius mempersiapkan event balap motor dunia MotoGP di Sirkuit Mandalik, Lombok, NTB pada Maret 2022. Salah satu bentuk keseriusan itu adalah dengan mengecek secara detail persiapan mulai dari saat tamu turun dari pesawat, jalan menuju sirkuit, tempat penginapan hingga sirkuit itu sendiri.

Hal itu dilakukan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat bersama Presiden Joko Widodo meninjau kesiapan infrastruktur sepanjang koridor Sirkuit Mandalika di Provinsi NTB, Kamis (13/1/2022). Peninjauan dilakukan untuk melihat persiapan Sirkuit Mandalika menjelang pelaksanaan MotoGP 2022.

Dengan mengendarai sepeda motor dari Bandara International Lombok (BIL) menyusuri Jalan Bypass menuju sarana hunian pariwisata (Sarhunta) di Desa Sengkol dan finish di Sirkuit Mandalika, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bersama Presiden Jokowi ingin memastikan kesiapan penyelenggaraan MotoGP mulai dari layanan kedatangan Bandara Internasional Lombok, konektivitas menuju Sirkuit Mandalika hingga infrastruktur pendukung seperti homestay bagi wisatawan.

“Kita harapkan dari airport menuju Sirkuit Mandalika tamu betul-betul dihantarkan dengan keindahan estetika yang baik. Oleh sebab itu perlu disiapkan dan saya minta tadi pada akhir Februari 2022 sudah selesai,” ujar Presiden Jokowi dikutip Bernasnews.com di akun instagram Kementerian PUPR.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau pekerjaan penataan koridor Jalan Bypass Bandara International Lombok (BIL)-Mandalika di Lombok, NTB, Rabu (12/1/2022). Foto:[email protected]

Rombongan Presiden juga meninjau sarana hunian pariwisata di Desa Gerupuk dan koridor Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah. Keberadaan Sarhunta selain sebagai sarana Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Mandalika-Lombok, juga bisa menjadi alternatif hunian bagi para wisatawan yang datang saat perhelatan MotoGP 2022.

Menurut Presiden Jokowi, dengan kehadiran sarhunta diharapkan dapat pula memberikan efek pertumbuhan ekonomi pada masyarakat.

https://www.instagram.com/kemenpupr/

Sehari sebelum kunjungan Presiden, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau pekerjaan penataan koridor Jalan Bypass Bandara International Lombok (BIL)-Mandalika di Lombok, NTB, Rabu (12/1/2022) sebagai persiapan menjelang pelaksanaan MotoGP 2022. Menurut
Menteri Basuki, penataan Jalan Bypass BIL-Mandalika harus mengedepankan estetika melalui kegiatan penghijauan dan penataan koridor jalan, termasuk frontage, bahu dan drainasenya.

Penataan dilakukan Kementerian PUPR meliputi pekerjaan penghijauan berupa penanaman rumput dan pohon di median jalan. Selanjutnya penanganan jalur lambat melalui pengurukan tanah, penanaman rumput dan pohon, serta desain jalur lambat membentuk clear zone untuk keamanan dan keselamatan jalan.

Sementara penghijauan juga dilakukan pada bukit di sepanjang jalan bypass serta pengaman lereng untuk mengurangi risiko longsor dan pembuatan drainase beton sekaligus sebagai pembatas. Selain itu, penataan juga difokuskan pada Bundaran BIL yang berada di titik nol (STA 0+000), ikon baru di kawasan Mandalika STA 11+100 yang biasa dimanfaatkan warga untuk spot swafoto serta Bundaran Senggung STA 17+363.

Untuk mendukung kelancaran perhelatan MotoGP, Kementerian PUPR juga melakukan penataan dan pelebaran jalan ruas Kuta-Kruak sepanjang 5,3 km. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here