Home News Mensos Tri Rismaharini Ungkap 31.000 Lebih ASN Terima Bansos

Mensos Tri Rismaharini Ungkap 31.000 Lebih ASN Terima Bansos

46
0
Mensos Tri Rismaharini dalam konferensi pers di Kantor Kemensos Jakarta, Kamis (18/11/2021). Foto: repro Metrotv/Bernasnews.com

BERNASNEWS.COM – Diduga ada ASN/PNS TNI yang menerima bantuan sosial (bansos), Menteri Sosial (Mensos) RI Tri Rismaharini menyurati Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. Mensos meminta Panglima TNI untuk melakukan pengecekan data ASN TNI di seluruh Indonesia yang diduga menerima bantuan sosial (bansos).

“Untuk profesi TNI-Polri kami sudah menyurati ke bapak panglima mudah-mudahan kami segera menerima jawaban. Karena dalam peraturan tidak boleh yang menerima pendapatan rutin dari pemerintah menerima bansos,” kata Mensos dalam konferensi pers di Kantor Kemensos Jakarta, Kamis (18/11/2021).

Pada kesempatan itu, Risma mengungkapkan ada 31.624 aparatur sipil negara (ASN) yang terindikasi menerima bansos. Bansos yang diterima antara lain BPNT (bantuan pangan nontunai (BNPT), PKH (program keluarga harapan).

Menurut Mensos Tri Rismaharini yang dikutip Bernasnews.com dari akun instagramnya @mensos_tri-risma_ yang diunggah pada Kamis, 18 November 2021, dData tersebut ditemukan setelah ia melakukan verifikasi data penerima bansos setiap bulan.

Kemudian, ditemukan ada 28 ribu ASN yang masih menerima bansos secara aktif dan sisanya adalah pensiunan. Menurut Risma, mereka telah mendapatkan pendapatan rutin setiap bulan. “Ini akan kita kembalikan ke daerah tersebar di 514 kota/kabupaten di 34 provinsi. Mereka tidak dapat lagi, mereka mendapatkan gaji tetap dari pemerintah,” tutur Mensos Risma Tri Rismaharini.

https://www.instagram.com/mensos_tri_risma_/

Apa yang diungkapkan Mensos Risma dibenarkan oleh sejumlah warganet. “Di tempat saya, pns aktif ada yg dpt bansos. Gmn krjanya yg Verifikasi data. Klo gak bisa kerja di ganti ❤saja lahh,” kata Rudik Santoso di akun instagram @rudymandala7.

Hal yang sama diungkapkan Endang Widati di akun @eswiw. “Di komplek saya ada pensiunan dpt bansos padahal pensiunnya double,” kata Endang.

Namun, ada anggota TNI yang menolak terima bansos dan mengalihkan kepadayang berhak. Hal diungkapkan Mun Nur Mafrukhin di akun @muhnur796. “Di saya ada TNi ga mau Terima bansos katanya di kasihkan aja yg berhak…,” kata Mun Nur.

Langkah Menos Risma mengungkapkan data ASN yang mendapatkan bansos tersebut diapresiasi sejumlah warganet. “Wah ibu luar biasa.. Indonesia cepat kaya kalau semua aparatur negara seperti ibu, lurus jujur dan amanah betul-betul…,” puji Retno Iswari Priyantini di akun @retnoiswaripriyantini seraya menambahkan bahwa kadang bikin ngeri dengar ada yang bilang kalau itu sudah peraturan tidak tertulis.

https://www.instagram.com/retnoiswaripriyantini/

Di tindak seng tenanan bu…ntar saya kirim data A1 & narasumbernya. Bravo bu Risma,” puji Nirwan Ahmad di akun @jengmasan. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here