Monday, August 8, 2022
spot_imgspot_imgspot_img
spot_img
HomeEkonomiMenkeu Dorong Masyarakat Menggunakan Produk UMKM Lokal

Menkeu Dorong Masyarakat Menggunakan Produk UMKM Lokal

BERNASNEWS.COM – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mendorong masyarakat untuk menggunakan produk yang dihasilkan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah). Ia pun menanyakan pProduk buatan pengusaha kecil lokal apa yang Anda beli selama ini?

Menurut Menkeu Sri Mulyani, baik makanan, baju, sepatu atau barang lokal apapun yang Anda pakai sehari-hari, sebagian diproduksi oleh usaha mikro.

Karena itu, menurut Menkeu, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengambil peran melalui Pembiayaan Ultra Mikro (UMi), yang dibantu penyalurannya oleh Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB), untuk pengembangan usaha mereka.

Menurut Menkeu, sejak digulirkan tahun 2017, pembiayaan UMi telah melayani 5,37 juta pelaku usaha mikro dengan nilai penyaluran lebih dari Rp 17,99 triliun dan menjangkau 503 kabupaten/kota dari 514/kota se-Indonesia. Ini sumbangan APBN yang berasal dari pajak yang dibayarkan masyarakat, yaitu untuk mengembangkan para pelaku usaha mikro dari Sabang sampai Merauke.

Ketika menghadiri Puncak Festival Pembiayaan Ultra Mikro (UMi) yang diikuti para debitur, penyalur dan mitra kerja sama pembiayaan UMi yang diselenggarakan oleh Pusat Investasi Pemerintah di Bandung, Jawa Barat pada 17 Desember 2021, 3 penyalur mendapatkan penghargaan.

Sebab mereka merupakan penyalur yang bisa diandalkan untuk membimbing usaha mikro tersebut. Mereka yang bisa membimbing usaha mikro tersebut, di antaranya KSPPS Artha Bahana Syariah, Pati, Jawa Tengah dengan kategori kinerja terbaik, KSPPS BMT Nusa Ummat Sejahtera, Semarang, Jawa Tengah dengan kategori Suku Bunga Rendah/ Marjin Terendah, dan Koperasi Kopsyah Konsumen An-Nisa, Kota Batu, Malang dengan kategori penyalur dengan Digitalisasi Penyaluran Uang Elektronik.

“Saya sungguh berharap para penyalur UMi dapat selalu mengedepankan pelayanan yang bersih dan berkualitas bagi para debitur sehingga dapat terus mendorong peningkatan daya saing UMKM di Indonesia,” kata Menkeu yang dikutip Bernasnews.com dari akun instagramnya @smindrawati.

https://www.instagram.com/smindrawati/

Sy pecinta produk lokal…jamu..batik..tas jg pake tas dr kain tenun/batik…keren jg kook,” komentar Retno Haryanti pemilik akun instagram @goldenvienna di kolom komentar.

UMKM maju indonesia jaya.Umi berkembang bersama rakyat jadi sejahtera,” komentar Osman Zainuddin di akun @osmanzainuddin. (lip)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments