Home Pariwisata Menikmati Pesona Merapi dari Obwis Bukit Klangon Sleman

Menikmati Pesona Merapi dari Obwis Bukit Klangon Sleman

855
0
Obwis Bukit Klangon, di Dusun Kalitengah Lor, Desa Glagahharjo, Kapanewon (Kecamatan) Cangkringan, Kabupaten Sleman, DIY, Kamis (29/10/2020). Foto: Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com.

BERNASNEWS.COM — Merapi tak pernah ingkar janji, itulah sepenggal kalimat puitis yang menjadi rujukan bagi warga masyarakat Yogyakarta, khususnya yang berada di lereng atau zona bahaya apabila terjadi erupsi. Disebut tak pernah ingkar janji sebab menurut para ahli, Gunung Merapi yang berada di antara wilayah DIY dan Jawa Tengah ini terjadinya erupsi atau meletus sudah dapat diprediksikan dan selalu berulang dalam kurun waktu tahun tertentu.

Pesona Gunung Merapi dilihat dari Obyek Wisata Bukit Klangon, Kamis (29/10/2020). Foto: Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com.

Wajah Merapi memang mempesona apabila dipandang dari jauh dengan memadukan view atau pemandangan yang ada di sekitarnya, berupa lembah maupun hutan dan tetumbuhan yang menghijau asri. Banyak spot dan tempat wisata alam atau yang kekinia untuk menikmati pesona Merapi. Salah satunya adalah dari Obyek Wisata (Obwis) Bukit Klangon.

Obwis Bukit Klangon berada di Dusun Kalitengah Lor, Desa Glagahharjo, Kapanewon (Kecamatan) Cangkringan, Kabupaten Sleman, DIY. Untuk berkunjung ke obwis ini disarankan datang pagi-pagi, jika cuaca cerah pengunjung dapat menikmati keindahan Gunung Merapi yang dipadukan dengan lanskap Bukit Klangon.

Obwis Bukit Klangon berada di Dusun Kalitengah Lor, Desa Glagahharjo, Kapanewon (Kecamatan) Cangkringan, Kabupaten Sleman, DIY. Foto diambil, Kamis (29/10/2020). Foto: Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com.
Jembatan ikonik yang ada di Obwis Bukit Klangon tempat favorit untuk berswafoto (selfie) para wisatawan. (Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com)

Juga disarankan memakai kendaraan yang prima, mengingat jalan menuju obwis ini banyak yang menanjak naik. Bahkan kalau salah jalan bisa lalui jalanan yang rusak atau keblasuk melalui tempat penambangan pasir karena minimnya rambu-rambu penunjuk arah menuju Bukit Klangon tepatnya di sisi paling timur dari Kabupaten Sleman. Wisatawan pengunjung wajib mengikuti ketentuan protokol Covid-19, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan cek suhu badan oleh petugas.

Tampak mobil-mobil berplat luar Jogja menghiasi tempat parkrat obwis Bukit Klangon, Kamis (29/10/2020). Foto: Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com.

“Saya di sini (Bukit Klangon) bersama keluarga dari jam 06:00 pagi, belum ada pengunjung sama sekali. Kami niatkan untuk liburan ke sini dan kebetulan cuaca cerah,” ujar Nita pengunjung dari Demakijo, Yogyakartaa saat ditemui Bernasnews.com, Kamis (29/10/2020).

Menurut ibu berputri dua itu, berwisata ke Bukit Klangon adalah yang kedua kalinya. “Bulan lalu kami juga pernah ke sini namun cuma sampai di lapangan bawah tadi. Karena masih suasana di-lockdown atau ditutup guna antisipasi pandemi Covid-19,” imbuhnya.

Obyek Wisata Bukit Klangon juga merupakan tujuan favorit bagi goweser yang menyukai tantangan untuk menaikan adrenalin bersepeda menuruni bukit (down hill). Tampak dari kejauhan rombongan goweser sedang berupaya naikkan sepedanya menuju ke atas. (Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com)

Berdasar pengamatan Bernasnews.com, libur peringatan Maulud Nabi Muhammad dan mengawali libur cuti bersama, Kamis (29/10/2020), Obyek Wisata Bukit Klangon tampak mulai dipadati mobil-mobil berplat nomor dari luar Jogja. Beberapa obyek wisata lain di sekitaran Cangkringan dan Pakem, juga resto-resto untuk ngopi telah dipadati pengunjung. Puluhan jip wisata Merapi pun tampak hilir mudik membawa penumpang rombongan wisatawan. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here