Thursday, June 30, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeMenhub Budi Karya Sumadi Terima Gelar Doctor Honoris Causa dari UGM

Menhub Budi Karya Sumadi Terima Gelar Doctor Honoris Causa dari UGM

bernasnews – Menteri Perhubungan RI, Budi karya Sumadi mendapat gelar doctor honoris causa (Dr HC) dari Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta. Penganugerahan ini karena Budi Karya Sumadi dianggap telah berhasil membangun sistem transportasi di tanah air.

Rektor UGM, Panut Mulyono, mengatakan pemberian gelar Doktor Kehormatan kepada Budi Karya Sumadi diberikan atas peran dan jasanya dalam keilmuannya yang meliputi teknik rancang bangun dan perencanaan di bidang transportasi dalam merajut konektivitas nusantara.

“Beliau memberikan intervensi intelektual dalam menjalankan tugasnya menghasilkan karya yang luar biasa secara berkelanjutan,” katanya.

Sistem transportasi yang yang dibangun Budi Karya Sumadi menurutnya mampu menghubungkan wilayah yang luas dan berkelanjutan dengan memperhatikan aspek sosial dan ekonomi. Pembangunan transportasi bukan hanya dilakukan di pulau Jawa tapi di seluruh tanah air, bukan hanya untuk pusat bisnis dan pemerintahan tetapi melapisi seluruh lapisan masyarakat baik yang berada di pinggiran.

Bahkan sarana dan prasarana yang dibangun oleh Menhub menurutnya mampu membuka aksesibilitas di daerah, meningkatkan konektivitas, mengurangi disparitas harga dan meningkatkan produktivitas serta pertumbuhan ekonomi yang lebih merata.

“Dan yang akhirnya akan menciptakan harapan dan peradaban baru,”ujar dia.

Menhub Budi Karya Sumadi ini mengatakan membangun sistem transportasi tidak sekedar membangun jalur atau sarana fisik saja tetapi sistem keamanan, kenyamanan kelayakan transportasi tersebut untuk peradaban baru.

Berdasarkan data Bank Dunia dan Global Ekonomi 2021 di mana kuntitas dan kualutas infrastruktur di Indonesia sudah positif sejak tahun 2014 yang lalu. Di mana sistem transportasi sudah mendukung prinsip berkeadilan berkelanjutan demi kerakyatan

“Transportasi berkonstribusi keadilan kemakmuran dan keadilan rakyat bergeser Jawa centris jadi Indonesia centris di mana manfaatnya sudah dirasakan di seluruh Indonesia. Baik yang di Utara, di selatan, barat dan timur dan mereka yang terpencil terjauh hingga di perbatasan,”terangnya.

Pada masa pandemi, kata Budi, Kemenhub melaksanakan program padat karya di sejumlah daerah untuk mendukung masyarakat yang terdampak pandemi. pada masa pandemi kami juga melaksanakan program padat karya di sejumlah daerah untuk mendukung masyarakat yang terdampak pandemi.

Soal strategi pembiayaan kreatif sangat penting dalam masa krisis multidimensi. Berbagai inovasi untuk mencari sumber pendanaan di luar APBN, yaitu melalui kolaborasi dengan berbagai pihak dalam bentuk creative financing telah dilakukan oleh Kemenhub.

Menurutnya pemerintah bukan hanya sekadar melibatkan financing partner untuk membiayai pembangunan infrastruktur, namun juga melibatkan strategic partner yang lebih ahli dalam konstruksi dan pemeliharaan infrastruktur.

“Yang lebih penting lagi adalah melibatkan operator yang dapat mengoperasikan infrastruktur transportasi secara optimum, sehingga dapat memberikan nilai tambah kepada masyarakat dan Pemerintah,” paparnya.

Ia menyebutkan infrastruktur transportasi yang masuk dalam skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU PPP) adalah 58 proyek, baik yang baru diajukan sampai yang sudah memasuki tahap financial close.

Skema KPBU yang telah selesai antara lain, pembangunan Pelabuhan Patimban yang merupakan kolaborasi dengan pihak Jepang, BUMN, dan swasta; pembangunan kereta Makassar Pare-Pare; dan pembangunan serta pengembangan Bandar Udara di Labuan Bajo.

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments