Thursday, June 30, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeTechnologyMengintip Peluang Ekonomi di Dunia Metaverse

Mengintip Peluang Ekonomi di Dunia Metaverse

BERNASNEWS.COM – Belakangan ini, metaverse menjadi topik yang hangat diperbincangkan. Topik ini semakin dikenal ketika Mark Zuckeberg, pendiri Facebook mengganti semua unit usahanya seperti WhatsApp menjadi Meta. Lalu apakah Metaverse i

Metaverse merupakan dunia dalam bentuk virtual. Di dalam metaverse, para pengguna dapat berbelanja, bersosialisasi, hingga melakukan rekreasi. Selayaknya dunia nyata yang dikemas dalam bentuk virtual, keberadaan metaverse juga memungkinkan terbukanya peluang ekonomi baru.

Bagi pelaku usaha industri kreatif, seperti digital, gim, serta desain, era metaverse menjadi peluang besar bagi mereka. Di metaverse, mereka memiliki kesempatan luas untuk menawarkan produk maupun jasanya dalam skala pasar internasional.

5 Peluang Usaha di Dunia Metaverse

Lahirnya era Metaverse, membawa kita pada peluang usaha yang lebih luas. Hal ini, memungkinkan kita untuk menawarkan barang atau jasa tanpa dipengaruhi faktor eksternal, seperti pandemi.

Berikut ini, peluang usaha yang bisa dicoba dalam dunia Metaverse:

NFT (Non-Fungible Token)

NFT merupakan aset digital berupa karya seni ataupun barang koleksi yang bisa ditukarkan secara virtual. NFT biasanya berupa lagu, foto, gambar, rekaman suara, vidio, maupun gim.

Gambar 1. NFT (Sumber : pinterest)

Tekonologi NFT ini dapat dikatakan lebih melindungi pencipta dan pembeli karya. Sebab, konsep NFT memungkinkan pembeli memiliki barang asli tanpa ada yang menirunya. Hal ini, kemudian diperkuat dengan diterbitkannya sertifikat sebagai bukti kepemilikan.

Konsep menjual karya di NFT sama halnya dengan membuat galeri virtual dalam dunia metaverse. Kamu hanya perlu mengunggah hasil karya dan menunggu pembeli untuk menawarnya. Beberapa platform jual beli NFT yang bisa kamu gunakan diantaranya Nifty Gateway, Rarible, OpenSea, dan Mintable.

2. Konstruksi

Bentuk atau model konstruksi ternyata tidak hanya bisa dijual secara langsung. Akan tetapi juga bisa dijual secara virtual di metaverse. Hal ini yang dilakukan perusahaan Voxel Architecs yang menjual konstruksi digitalnya. Dari penjualannya tersebut, perusahaan bahkan bisa meraup untung US$ 300.000, setara dengan Rp 4,2 miliar.

Gambar 2. Metaverse kontruksi (sumber : pinterest)

3. Real Estate

Tidak jauh berbeda dengan dunia nyata, real estate di metaverse juga bertugas membantu pengguna dalam mencari tanah. Perbedaannya, di metaverse mereka membantu masyarakat untuk mendapatkan tanah virtual. Dari sinilah, perusahaan kemudian mendapat keuntungan

Gambar 3. Real estate metaverse (sumber : pinterest)

Tidak jauh berbeda dengan dunia nyata, real estate di metaverse juga bertugas membantu pengguna dalam mencari tanah. Perbedaannya, di metaverse mereka membantu masyarakat untuk mendapatkan tanah virtual. Dari sinilah, perusahaan kemudian mendapat keuntungan.

4. Game

Gim bisa menjadi peluang usaha baru di dunia metaverse. Bagi kamu yang memiliki hobi bermain gim, hal tersebut bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan keuntungan. Melalui sebuah gim seperti Sandbox, kamu bisa membangun sebuah kota hingga avatar sendiri yang dapat dijual dalam bentuk NFT.

Gambar 4. Game metaverse (sumber : pinterest)

5. Fesyen             

Walaupun berbasis virtual, pengguna metaverse juga membutuhkan item fesyen. Pakaian dan aksesori pendukung lainnya disini berguna untuk membangun citra avatar pengguna. Oleh karena itu, hadirnya era metaverse juga turut membuka peluang industri fesyen.

Gambar 5. Fesyen meraverse (sumber : pinterest)

Kesimpulannya metaverse merupakan dunia dalam wujud virtual. Sama halnya dengan dunia asli, metaverse juga membutuhkan beberapa elemen yang dapat mendukung kehidupan penggunanya. Kebutuhan akan elemen pendukung tersebut yang bisa jadi peluang ekonomi di dunia metaverse. (Lilian Dami, Mahasiswa Fakultas Ekonomi UKDW)

               

               

               

               

               

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments