Home Opini Menghijaukan Bumi

Menghijaukan Bumi

72
0
Drs Djati Julitriarsa MM, Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN Yogyakarta

BERNASNEWS.COM – Bumi sebagai tempat tinggal manusia, pada dasarnya harus dapat dikelola secara baik oleh setiap insan, terutama terkait dengan kelangsungan kehidupan di dunia ini. Dunia pun menyadari bahwa setiap orang yang tinggal di bumi akan selalu mengharapkan bahwa dirinya akan dapat hidup secara wajar apabila bumi itu sendiri mampu memberikan kehidupan bagi manusia itu sendiri.

Hal ini mengingat bahwa setiap tanggal 10 Januari, dunIa akan selalu memperingatinya dengan sebuah tindakan nyata yang dikenal dengan “Gerakan Satu Juta Pohon”. Hal ini dilakukan karena disadari sepenuhnya bahwa ternyata terdapat berbagai bentuk kerusakan bumi, yang justru mengakibatkan datangnya bencana bagi umat manusia, seperti berkurangnya kandungan air bersih di tanah, banjir, tanah longsor, gempa bumi dan lain sebagainya. Hal inilah yang kemudian mengakibatkan adanya upaya pelestarian bumi dengan gerakan seperti disebutkan di atas.

Dalam melakukan upaya ini tidak hanya penanam pohon saja, namun juga menyangkut perawatannya, agar pohon yang ditanam tidak akan mati. Penanaman juga memperhatikan keanekaragaman pohon, sehingga berbagai pohon yang ditanam tidak hanya focus pada yang bernilai ekonomi seperti pohon jati atau sengon.

Manfaat Pohon dan Hutan

Hutan dan pohon merupakan dua unsur yang diperlukan bagi kelangsungan kehidupan manusia. Hutan yang menutupi hampir sepertiga dari seluruh daratan di bumi, menyediakan infrastruktur organik penting bagi beberapa koleksi kehidupan yang paling padat dan paling beragam di planet ini.

Hutan juga mendukung spesies yang tak terhitung jumlahnya, termasuk manusia. Adapun terdapat beberapa alasan utama pentingnya hutan dan pohon bagi kehidupan manusia, diantaranya sebagai berikut :

1. Memelihara tanah dan menjaga bumi tetap dingin.Pohon dapat menyerap CO2 yang dapat memicu pemanasan global, dimana CO2 ini diperlukan pohon untuk fotosintesis, sehingga udara bumi yang sekarang begitu pekat dengan emisi ekstra akan dilawan oleh hutan dengan pohon-pohonnya berkaitan dengan pamanasan global tersebut. Di samping itu hutan juga dapat menggunakan fitoremidiasi untuk membersihkan polutan tertentu.

2. Sebagai penyerap karbon. Hutan dapat membersihkan polusi udara dalam skala yang jauh lebih besar, dan bukan hanya CO2. Pohon mampu menyerap berbagai polutan di uadara, termasuk karbon monoksida, sulphur dioksida, dan nitrogen dioksida.

Berbagai pohon kadangkala juga dapat menyuarakan nyanyian burung yang bertengger di pohon tersebut, sehingga akan mampu semakin menyemarakkan kehidupan di bumi ini. Bahkan pohon yang diletakkan dengan baik dapat memotong suara latar sebesar 5 hingga 10 desibel atau sekitar 50 persen yang didengar oleh telingga manusia.

3. Saluran Air Alami. Hutan ibarat sebuah spons raksasa yang akan mampu menyerap air lewat akarnya, sehingga akan mampu mengisi persediaan air bersih bagi kehidupan di bumi, teruatama bagi manusia, karena dapat digunakan untuk air minum, sanitasi, irigasi di seluruh dunia.

4. Menyediakan Makanan Sehat bagi manusia dan spesies lain. Pohon dapat menghasilkan berbagai jenis buah yang dapat dimakan atau dikonsumsi oleh makhluk hidup yang ada di bumi, terutama manusia. Sehingga dari hasil buah dari pohon ini akan semakin mampu menopang kelangsungan hidup bagi manusia dan akan mampu meningkatkan atau paling tidak menjaga kesehatannya.

5. Menampung 80 persen keanekaragaman Hayati di Bumi.Hampir setengah spesies di bumi hidup di hutan, termasuk 80 persen keanekaragaman hayati di darat. Varietas itu sangat kaya di hutan-hutan tropis, hutan penuh dengan kehidupan di sekitar planet ini. Serangga dan cacing menghasilkan nutrisi ke dalam tanah, lebah dan burung menyebarkan serbuk sari dan biji-bijian.

Keanekaragaman hayati adalah masalah besar, baik untuk ekosistem maupun ekonomi manusia, namun disadari bahwa hal ini semakin terancam di seluruh muka bumi oleh deforestasi

Itulah sebabnya mengapa kemudian dunia menyadari bahwa demikian pentingnya kelangsungan kehidupan di bumi ini, yang kemudian memunculkan upaya melakukan Gerakan Satu Juta Pohon yang diperaingati secara internasional setiap tanggal 10 Januari. Semoga hal ini pun dapat kita lakukan secara bersama oleh segenap lapisan masyarakat di bumi Indonesia. Marilah kita hijaukan bumi ini demi kepentingan bersama. Semoga. (Drs Djati Julitriarsa MM, Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN Yogyakarta)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here