Home Pariwisata Mengenal Seluk Beluk Cokelat Lewat Jogja Cocoa Day

Mengenal Seluk Beluk Cokelat Lewat Jogja Cocoa Day

1036
0
Dian Widiyanti, General Manager Hartono Mall (kedua dari kiri), saat membuka Jogja Cocoa Day, Kamis (17/10/2019). (Foto: Ayu)

BERNASNEWS.COM – Cokelat adalah sebutan untuk hasil olahan makanan atau minuman dari biji kakao. Pada umumnya cokelat diberikan sebagai hadiah atau bingkisan pada hari raya, terutama pasa saat hari Valentine. Karena rasanya yang unik, cokelat sering digunakan sebagai ungkapan terima kasih, simpati, atau perhatian bahkan sebagai pernyataan cinta.

Cokelat juga menjadi salah satu rasa yang populer di dunia. Selain dikonsumsi dalam bentuk cokelat batangan, cokelat juga bisa diolah menjadi minuman hangat maupun dingin. Selain itu, cokelat juga bermanfaat bagi kesehatan. Seperti mencegah penyakit jantung, menurunkan tekanan darah, anti depresan, dan masih banyak lagi.

Namun sayangnya, konsumsi cokelat di Indonesia terbilang rendah, hanya 500 gram per kapita dalam setahun. Ada beberapa alasan yang membuat konsumsi cokelat di Indonesia menjadi rendah, salah satunya adalah harganya yang masih mahal. Karena itulah, diperlukan berbagai strategi untuk menjadikan Indonesia sebagai pangsa pasar konsumsi cokelat. Salah satunya adalah membuat harga cokelat menjadi terjangkau.

Selain itu, ada cara lain untuk mengajak masyarakat Indonesia mengkonsumsi cokelat, yaitu lewat acara Jogja Cocoa Day. Acara ini diadakan pada tanggal 17 sampai 20 Oktober 2019 di Atrium Hartono Mall Yogyakarta. Lewat tema “The Secret Temptation of Chocolate”, Jogja Cocoa Day menggoda masyarakat untuk mengonsumsi cokelat, baik berbentuk makanan maupun minuman.

Dian Widiyanti, General Manager Hartono Mall, mengatakan bahwa produksi kakao di Indonesia berada di tiga besar produsen kakao di dunia. Namun sayangnya tidak diimbangi dengan konsumsi cokelat di Indonesia.

“Kami senang karena kami bisa mengadakan acara Jogja Cocoa Day di sini (Hartono Mall), meskipun jumlah konsumsi cokelat belum mengimbangi produksi kakao. Lewat acara ini kami berharap agar pengunjung bisa mengetahui proses pembuatan cokelat dari biji kakao menjadi makanan maupun minuman cokelat,” kata Dian di Atrium Hartono Mall Yogyakarta, Kamis (17/10/2019).

Jogja Cocoa Day yang diadakan sepanjang empat hari akan menghadirkan Chocolate Creating Experience, Chocolate Batik, Face Painting, Chocolate Museum, serta Chocolate Talkshow, Workshop dan Bazaar yang diharapkan dapat memberi pengetahuan serta menambah wawasan tentang cokelat, mulai dari proses budidaya tanaman kakao sampai ke proses produksi cokelat siap konsumsi. Lewat acara itu, pengunjung bisa mendapatkan berbagai pengalaman dan menambah wawasan mengenai cokelat. (adh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here