Home Pendidikan Mengembangkan Kompetensi Guru pada Masa Pandemi

Mengembangkan Kompetensi Guru pada Masa Pandemi

1682
0
CB Ismulyadi saat menyampaikan materi Menjadi Guru Profesional pada Masa Digital-new dalam workshop yang digelar di SMAN 1 Mlati, Sleman, Jumat (23/10/2020). Workshop diikuti para guru tingkat SMA/SMK yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Agama Katolik di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman. Foto : Istimewa

BERNASNEWS.COM – Para guru tingkat SMA/SMK yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Agama Katolik di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman mengadakan workshop pembuatan media pembelajaran daring.

Kegiatan yang dilaksanakan di SMAN 1 Mlati, Sleman, Jumat (23/10/2020) itu, dilangsungkan dengan tetap mengindahkan protokol kesehatan pada masa pandemi, Covid 19 yakni cuci tangan, pakai masker dan jaga jarak (Citamasjajar).

Samijo, selaku Ketua MGMP mengawali kegiatan dengan menyambut para peserta. Selanjutnya, Paulus Misidi, pengawas pendidikan agama Katolik tingkat SMA/SMK, menyampaikan bahwa MGMP merupakan paguyuban, tempat di mana para guru juga dapat saling mengembangkan diri dan profesi untuk mendukung tugas pokok dan fungsi. “Dari kita, untuk kita dan oleh kita,” tutur Misidi.

Octavianus Jeffrey memandu para guru dalam materi pemanfaatan google classroom, whatapps dan video pembelajaran dalam workshop yang digelar di SMAN 1 Mlati, Sleman, Jumat (23/10/2020). Foto : Istimewa

CB Ismulyadi, Penyelenggara Bimas Katolik Kemenag Kab Sleman, menyampaikan potret guru yang ideal dan kenyataan yang terjadi, peluang dan tantangan dunia digital serta pengembangan kompetensi.

“Workshop pembuatan media pembelajaran daring merupakan salahsatu cara bagi guru untuk meningkatkan dan mengembangkan profesi, secara khusus pada mada pandemi,” kata CB Ismulyadi dalam rilis yang dikirim kepada Bernasnews.com, Senin (26/10/2020).

Dalam materi berikutnya, Octavianus Jeffrey, narasumber dan sekaligus guru SMAN 1 Sleman, menyampaikan pemanfaatan google classroom sebagai kelas virtual, whatapps untuk komunikasi dan konsultasi siswa guru, pembuatan video pembelajaran.

Sementara pemateri lain, Thomas Panji Pranggili, mengutarakan tentang pemanfaatan aplikasi quiz untuk tugas siswa, manajemen kelas virtual, pembuatan video pembelajaran dan kreativitas mengajar secara daring.

Menurut Cicilia Siswantiningrum, workshop ini bagus dan menyenangkan serta sangat bermanfaat. Banyak guru bisa datang dan terlibat. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here