Thursday, August 18, 2022
spot_img
spot_img
HomeNewsMengatasi Persoalan Sampah, Pemkot Jogja Akan Luncurkan Klinik Bank Sampah

Mengatasi Persoalan Sampah, Pemkot Jogja Akan Luncurkan Klinik Bank Sampah

bernasnews.com – Pemerintah Kota Yogyakarta akan meluncurkan meluncurkan Klinik Bank Sampah pada triwulan ke empat 2022, kerjasama antara Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan forum bank sampah kota Yogyakarta. Demikian disampaikan Sekda Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya, Rabu (3/8/2022).

Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta terus berkomitmen dalam memperkuat komunikasi agar operasional bank sampah bisa lebih optimal. “Klinik bank sampah ini nantinya bertugas untuk membantu bank sampah yang ada di wilayah, yang kondisinya belum bisa mandiri,” terang Aman, dikutip dari Portal Berita Pemerintah Kota Yogyakarta.

Dikatakan, dengan adanya klinik bank sampah ini, para anggota akan diberikan pelatihan mulai pengelolaan sampah sampai ke pemasarannya. Menurut Aman, bank sampah di Kota Yogyakarta hendaknya tidak hanya mengelola sampah anorganik tetapi juga sampah organik. Pasalnya sampah keluarga kebanyakan adalah sampah organik.

“Saat ini jumlah bank sampah di Kota Yogyakarta mencapai 565 bank sampah. Adanya bank sampah dapat menambah perekonomian anggotanya. Selain itu, bank sampah juga cukup efektif dalam memilah sampah dan meminimalkan sampah yang dibuang ke tempat penampungan akhir (TPA),” beber Aman, yang juga merupakan Ketua Forum bank sampah Kota Yogyakarta.

Dalam kesempatan itu, Kepala DLH Kota Yogyakarta Sugeng Darmanto menambahkan, bahwa pihaknya akan membuat stokis produk hasil pengolahan sampah untuk mengatasi kendala pemasaran. “Produk dari hasil pengolahan sampah dari masyarakat bisa ditampilkan bersama Forum Bank Sampah di stokis produk, yang nantinya akan dipasarkan secara digital,” kata dia. (ted)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments