Friday, May 20, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsMenegaskan Tugas Perutusan ASN dengan Paskahan Bersama

Menegaskan Tugas Perutusan ASN dengan Paskahan Bersama

bernasnews.com – Untuk pertama kali Aparatur Sipil Negara (ASN) se DIY akan merayakan Paskah bersama. Acara ini akan dilaksanakan pada Jumat, 22 April 2022, pukul 16.00 – 18.00 WIB, di Gereja Yohanes Rasul Pringwulung.

Misa Perayaan Paskah ASN se DIY ini akan dipimpin Vikjend KAS Romo Yohanes Rasul Edy Purwanto Pr. Duo Vikep di DIY dan Ketua Komisi PK3 dari dua kevikepan akan mendampingi Rm Edy Purwanto Pr.

Duo vikep itu adalah Vikep Jogya Barat Romo AR Yudono Suwondo Pr dan Vikep Jogya Timur Rm Andrianus Maradiyo Pr.

Ketua Komisi Penghubung Karya Kerasulan Kemasyarakatan Kevikepan (PK3) Jogya Timur Romo Rosarius Sapto Nugroho Pr dan Ketua PK3 Jogya Barat Rm A Heri Krismawanto Pr, juga akan ikut konselebrasi.

Paskahan ASN ini diselenggarakan oleh Komisi PK3 Jogya Barat dan Jogya Timur. Sekretaris Komisi PK3 Jogya Timur Elisabeth Setyaningsih yang juga Ketua Panitia mengungkapkan, dalam acara ini akan hadir para ASN dari semua kantor dinas dan instansi yang ada di lingkungan Pemda DIY dan Pemda Kabupaten Sleman, Bantul, Kulon Progo, dan Gunung Kidul, serta Kota Yogyakarta.

Menurut Elis Setyaningsih, acara pokok adalah misa kudus/Ekaristi. “Setelah itu para ASN melakukan dialog interaktif antara ASN dengan Romo Vikjend KAS dan duo Vikep DIY,” tutur Elis.

Vikep Jogya Timur Rm Andrianus Maradiyo Pr menjelaskan, tujuan Paskahan ASN ini untuk membangun persaudaraan antar instansi. Rm Dio berharap, dengan Paskahan bersama ini para ASN menyadari tugas panggilannya sebagai umat beriman.

“Para ASN Katolik, karena baptisannya, mempunyai tugas perutusan sebagai imam, nabi, dan raja,” urai imam diosesan KAS asal Ungaran ini.

Lebih lanjut dijelaskannya apa maksud menjadi imam, nabi, dan raja. Menjadi imam, berarti para ASN Katolik harus ikut mengkuduskan setiap pelayanan yang diemban. Menjadi nabi, artinya para ASN Katolik diutus berani menyuarakan kebenaran dan keadilan. Menjadi raja artinya para ASN Katolik mempunyai semangat pemimpin yang siap melayani dengan murah hati.

Dengan demikian, kata Rm Dio, para ASN Katolik DIY ini menjalankan tugas dengan gembira, komitmen dan profesional.

Vikep Jogya Barat Rm Yudono Suwondo juga menegaskan, tugas dan karya ASN di pos masing-masing merupakan tugas negara dalam memajukan kesejahteraan umum.

“Gereja memberkati semua ASN dalam tugas mulia ini,” tegas Rm.Wondo.

Oleh karena itu, menurut Rm Wondo, para ASN perlu memahami tujuan pokok bernegara dan mengerti panggilan dalam ‘memayu hayuning bangsa dan bawana’

Selanjutnya Rm Wondo mengundang ASN semuanya untuk datang dan saling berbagi kehadiran. “Kehadiranmu berkat bagi yang lain!” ajak Rm.Wondo.

Paskah ASN se DIY pada Jumat 22 .April ini dikhususkan bagi para ASN dari berbagai kantor dinas dan instansi pemerintah (non guru). Menurut Elis Setyaningsih, paskahan untuk para guru dan dosen Katolik akan diadakan pada 13 Mei 2022, di tempat yang sama.

Penulis: Anton Sumarjana (penulis lepas tinggal di Tangerang)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments