Home Pendidikan Memuaskan, Hasil Dua Kali TPPU MTsN 6 Kulon Progo

Memuaskan, Hasil Dua Kali TPPU MTsN 6 Kulon Progo

135
0
Tiga siswa yang masuk 10 besar Rafida Syifa Mulia, Niken Kurniasih dan Idham Setia Budi bergambar bersama Wakamad Urusan Kurikulum Marwati S.Pd dan Kepala Madrasah Imam Syamroni S.Pd, kemarin. Foto : Istimewa

BERNASNEWS.COM – MTs Negeri 6 Kulon Progo mengukuhkan diri sebagai Madrasah Hebat Bermartabat. Selama dua kali mengikuti Tes Pemantapan Persiapan Ujian (TPPU), Madrasah yang memiliki visi CANTIK Berwawasan Lingkungan ini berada di posisi pertama untuk kategori MTs dan berada di posisi ketiga untuk kategori SMP/MTs tingkat Kabupaten Kulon Progo.

Bahkan pada tahap pertama, Rafida Syifa Mulia dan Niken Kurniasih berhasil memperoleh peringkat ketiga dan keempat. Rafida memperoleh rata-rata nilai 88,38 dan Niken mendapatkan rata-rata nilai 86,50.

Wakil Kepala Madrasah Urusan Kurikulum Marwati S.Pd seperti dikutip Drs Sutanto, Wakamad Urusan Kesiswaan MTsN 6 Kulon Progo, dalam rilis yang dikirim ke Bernasnews.com, Jumat (21/2/2020), menjelaskan, TPPU tahap pertama berlangsung Senin hingga Kamis (3-6/2/2020), sedangkan tahap kedua Senin-Kamis (17-20/2/2020).

Dalam mengikuti TPPU yang menggunakan sistem Computer Based System (CBT), siswa dibagi dalam dua sesi. Setiap sesi terbagi dalam dua ruang yang didampingi proktor, teknisi dan pengawas ruang. Sesi pertama dimulai jam 07.30-09.30, sedangkan sesi kedua jam 10.00-12.00. Baik tahap pertama maupun kedua matapelajaran yang diujikan sama yakni Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, IPA.

“Sampai tahap dua ini ada 3 siswa yang memperoleh hasil menggembirakan dengan masuk 10 besar yakni Rafida Syifa Mulia, Idham Setia Budi dan Niken Kurniasih. Alhamdulillah rata-rata memperoleh nilai di tahap kedua meningkat dibanding tahap pertama sebesar 2,33 dari 54.94 menjadi 57,27,” katanya.

Menurut Marwati, dalam upaya menuju sukses ujian beberapa langkah telah dilakukan, di antaranya dengan mengintensifkan tambahan pelajaran untuk 4 mapel UN. Semua guru juga dilibatkan dalam pendampingan siswa terutama bidang kejiwaan dan spiritualnya. Mulai dari mengingatkan sembahyang lima waktu, maupun tahajud. Rata-rata setiap guru mendampingi 4 sampai 6 siswa.

Kepala Madrasah Imam Syamroni SPd menyambut gembira atas perolehan anak asuhnya. Ia berharap hal tersebut semakin memacu siswa kelas 9 untuk semakin giat belajar. “Jangan sampai hasil yang sudah diperoleh tersebut membuat terlena, namun semestinya memacu diri untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas belajar,” imbuhnya.

Wakil Kepala Madrasah Urusan Kesiswaan itu menambahkan, dalam waktu dekat madrasahnya akan menggelar tryout bagi siswa SD/MI, Minggu (1/3/2020) dengan target peserta 384. Acara tersebut akan dimeriahkan dengan unjuk potensi siswa MadEnaKu (Madrasah Enam Kulon Progo), seperti lantunan lagu islami, pantomim, puisi, geguritan, juga pameran lukisan dan kerajinan tangan. (lip)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here