Home News Memperingati Hari Ibu, RW 08 Suryoputran Deklarasi Pembentukan KPK

Memperingati Hari Ibu, RW 08 Suryoputran Deklarasi Pembentukan KPK

356
0
Pengurus RW 08 Suryoputran Mendeklarasikan Pembentukan KPK RW 08 Kampung Suryoputran, Minggu (22/12/2019), di Balai RT 27 Suryoputran, Jalan Pesindenan, Yogyakarta. (Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com)

BERNASNEWS.COM — Menutup rangkaian acara Latihan Berkebun dan sekaligus memperingati Hari Ibu, segenap Pengurus RW 08 Suryoputran, Minggu (22/12/2019), menyelenggarakan praktek berkebun hidroponik juga melakukan deklarasi pembentukan Kelompok Petani Kota (KPK), di Balai RT 27 Suryoputran, Jalan Pesindenan, Yogyakarta.

Camat Kraton Drs. S. Widodo Mujiyatno sedang memberikan pidato sambutan dalam acara Deklarasi Pembentukan KPK RW 08 Kampung Suryoputran. (Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com)

Kegitan tersebut dihadiri oleh Camat Kraton Drs. S. Widodo Mujiyatno, Lurah Panembahan Purnomo, SE, Nara Sumber dari SOKA Organik Ir. Bambang Susilo, dan 20 warga peserta latihan berkebun dari perwakilan dari RT 24 – RT 28 se RW 08 Suryoputran, Kelurahan Panembahan, Kecamatan Kraton, Yogyakarta.

“Saya apresiasi sejak ada kegiatan latihan berkebun di sini. Kegiatan seperti ini tidak serta merta jadi tapi perlu proses, perlu ketekunan dan berkelanjutan. Dan saya yakin yang ngesuhi (kelola) mesti beberapa bergantian, tidak hanya satu atau dua orang. Karena untuk membentuk Kelompok Petani Kota (KPK) di RW 08 Suryoputran perlu dukungan dari seluruh warga,” pesan Widodo.

Penyerahan potongan tumpeng kepada Lurah Panembahan Purnama SE disaksikan oleh Ketua RW 08 Suryoputran Seno Pratomo dan Sekretaris Pengurus Kampung Suryoputran Eko, sebagai simbol peresmian berdirinya KPK RW 08 Kampung Suryoputran. (Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com)

Sebagaimana yang telah diberitakan sebelumnya, bahwa kegiatan latihan berkebun merupakan inisiasi Pengurus RW 08 Suryoputran dan didukung oleh SOKA Organik, dibiayai dengan dana stimulan RW dari Pemerintah Kota Yogyakarta. “Target kami tidak muluk-muluk, hanya pingin menghijaukan kembali kampung ikut menyikapi isu pemanasan global. Banyaknya tanaman selain bermanfaat menyegarkan lingkungan, juga bermanfaat secara ekonomi. Untuk itulah kami bentuk KPK,” ungkap Seno Pratomo, Ketua RW 08 Suryoputran.

Peninjauan instalasi tanaman hidroponik oleh Camat Kraton Drs. S Widodo Mujiyatno dan Lurah Panembahan Purnama SE yang dibangun di halaman Balai RT 27 Suryoputran. (Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com)

Seno Pratomo yang juga pernah menjadi anggota DPRD Kota Yogyakarta tahun 2014 dari Partai Demokrat ini, menambahkan, pembentukan KPK RW 08 Kampung Suryoputran merupakan bentuk kegiatan berkelanjutan dari latihan berkebun dan sebagai wadah keseriusan usaha berkebun oleh warga, terutama para peserta latihan.

“Kami sudah siapkan logo sebagai brand, struktur pengurus lengkap dan proses legalitas sebagai sebuah lembaga. Juga telah disiapkan pemasarannya secara online nantinya. SOKA Organik juga mendukung pengadaan instalasi tanaman hidroponik,” ujarnya.

Ir. Bambang Susilo dari SOKA Organik (kiri) sedang menjelaskan pada peserta cara memisahkan bibit tanaman dan memasangnya di instalasi hidroponik. (Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com)

Sementara itu, sebagai simbolisasi dan deklarasi pembentukan Kelompok Petani Kota (KPK) RW 08 Kampung Suryoputran serta memperingati Hari Ibu, Camat Kraton Drs. S. Widodo Mujiyatno didaulat memotong tumpeng dan menyerahkannya kepada Lurah Panembahan Purnama, SE sebagai pengampu wilayah dan sebagai pelindung KPK RW 08 Kampung Suryoputran.

“Lakukan kegiatan berkebun ini penuh dengan kegembiraan, jadikanlah sebagai ajang silaturahmi antar warga. Karena dengan banyak silaturahmi akan memperpanjang umur dan perbanyak rezeki,” imbuh Purnama, Lurah Panembahan. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here