Home Pendidikan Membuka Peluang Kolaborasi Internasional, Prosa PPKn UPY Kembangkan Penelitian dan Publikasi

Membuka Peluang Kolaborasi Internasional, Prosa PPKn UPY Kembangkan Penelitian dan Publikasi

102
0
Ts. Dr. Muhammad Noorazlan Abd Aziz dari Universitas Pendidikan Sultan Idris Malaysia, sebagai pembicara tamu Seminar Nasional. (Repro)

BERNASNEWS.COM — Saat ini penelitian dan publikasi tidak berbasis pada pengambilan data konvensional, namun telah bergeser pada sumber big data. Partner penelitian, kini tidak lagi hanya sebatas mitra kerja namun perlu berkolaborasi antar perguruan tinggi bahkan antar negara. Penilaian kinerja pun saat ini lebih cenderung pada standarisasi internasional. 

Beratnya tantangan tersebut memberikan tekad bagi Progam Sarjana (Prosa) PPKn FKIP Universitas PGRI Yogyakarta (UPY) mengadakan Seminar Nasional secara virtual, Sabtu (25/7/2020), dengan tema “Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen Melalui Kolaborasi Penelitian dan Publikasi”.

“Tema penelitian dan publikasi ini kami usung, dengan melibatkan pembicara dari berbagai perguruan tinggi nasional, serta dari Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia,”tutur Rosalia Indriyati S, sekalu Ketua Panitia Seminar Nasional.

Kegiatan seminar ini diikuti oleh guru, mahasiswa dan dosen di seluruh Indonesi. Terdapat lima pembicara yang menguatkan seminar nasional ini yaitu Dr. Muhammad Syaifulloh, M Pd, dari IKIP PGRI Pontianak, yang berbicara masalah implementasi Penelitian Tindakan Kelas bagi peningkatan kompetensi siswa dan guru. Dr. Pudjo Suharso, M Si, dari Universitas Negeri Jember yang membandingkan antara Penelitian Konvensional versus Penelitian Berbasis Big Data.

Poster Seminar Nasional Prosa PPKn FKIP UPY. (Repro)

Sementara, Dr. Septian Aji Permana, M Pd membicarakan tentang artikel ilmiah sebagai luaran penelitian. Dr. Erik Aditia Ismaya, M A, dari Universitas Muria Kudus yang membahas tentang Publikasi Jurnal Nasional dan Internasional. Pembicara tamu pada Seminar Nasional ini adalah Ts. Dr. Muhammad Noorazlan Abd Aziz dari Universitas Pendidikan Sultan Idris Malaysia, menjelaskan tentang Research Collaboration and Publication.

“Banyak peneliti dari Malaysia yang siap untuk berkolaborasi dengan peneliti Indonesia dalam mengembangkan penelitian. Kita hanya perlu untuk mengembangkan mitra penelitian Internasional agar keilmuan kita diakui oleh banyak Negara,”tutup Sigit Handoko selaku moderator Seminar Nasional.

Kegiatan seminar ini merupakan perwujudan tekad Prosa PPKn FKIP UPY untuk mencapai internasionalisasi kelembagaan dengan berupaya meningkatkan penelitian dan publikasi dengan cara berkolaborasi dengan peneliti negara lain. (nun/ ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here