Membanggakan, Pleton Inti SMKN 3 Jogja Borong Juara LBB Bergengsi DIY

    1788
    0
    Bregada Bara Manggala Budaya SMK Negeri 3 Yogyakarta saat mengikuti Festival Bregada Nusantara 2019, Minggu (22/9/2019). Foto : Tonti Bara

    BERNASNEWS.COM – Prestasi demi prestasi ditorehkan oleh siswa SMK Negeri 3 Yogyakarta. Kali ini prestasi yang direbut adalah di bidang Lomba Baris Berbaris (LBB) tingkat SMA atau sederajat Provinsi DIY. Peleton Inti SMK Negeri 3 Yogyakarta dengan nama Tonti Bara bukan hanya sekali meraih juara, namun pada semester ini telah meraih kejuaraan pada 4 even LBB yang berbeda di DIY.

    Prestasi teranyar yang diraih Tonti Bara adalah menjadi juara 1 di Festival Bregada Nusantara 2019 yang diselenggarakan Keluarga Besar Padmanaba untuk memperingati HUT ke-77 SMA Negeri 3 Yogyakarta, Minggu (22/9/2019). Hal ini cukup membanggakan karena tahun ini untuk ke-3 kalinya Tonti Bara yang menggunakan nama Bregada Bara Manggala Budaya menjadi juara 1 di even Festival Bregada Nusantara Padmanaba. Tonti Bara berhak mendapat Piala Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dan Piala Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwana X.

    Pada hari yang sama Tonti Bara juga meraih juara di LBB dalam rangka memperingati Dies Natalies Universitas Atmajaya Yogyakarta (UAJY) ke-54. Pada even ini Tonti Bara meraih Juara Komandan Terbaik atas nama Rohmad kelas XI DP 3, Juara 1 Peleton Putra dan Juara Umum. Pengalaman ini membanggakan sekaligus tak akan dilupakan oleh Tim Tonti Bara. Karena kejuaraan LBB kali ini cukup spesial, di hari yang sama mereka harus mengikuti 2 kejuaraan yang berbeda dan di tempat yang berbeda pula.

    Bregada Bara Manggala Budaya SMK Negeri 3 Yogyakarta saat mengikuti Festival Bregada Nusantara 2019, Minggu (22/9/2019). Foto : Tonti Bara

    “Kami merasa bangga piala bergilir dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan akhirnya menjadi piala tetap bagi kami. Melalui kemenangan di Festival Bregada kami bangga dapat membuktikan bahwa SMK Negeri 3 Yogyakarta masih sangat peduli dengan budaya tradisi DIY, khususnya seni keprajuritan Bregada. Di sisi lain kami juga merasa bangga hari ini dapat memenangkan juara terbaik di kedua kejuaraan. Kemengan ini adalah wujud dari kebersamaan dan kekompakan Tonti Bara,” kata Ivan Rahmanda, komandan Bregada Tonti Bara yang juga mengikuti LBB UAJY.

    Kemenangan ini tak lepas dari gemblengan dari pembina Tonti Bara yaitu Aji Panular S serta 3 pelatih yang terdiri dari Jagyang Saputra, Andriyanto dan Syeni Berliana Halim, yang ketiganya merupakan alumni SMK Negeri 3 Yogyakarta. Tempaan fisik dan mental ditempuh anggota Tonti Bara bukan hanya pada saat menjelang kejuaraan LBB, namun Tonti Bara telah rutin melaksanakan latihan 2 kali dalam seminggu. Bahkan dalam perekrutan anggota baru telah dimulai sejak kegiatan awal masuk peserta didik baru diselenggarakan.

    Jagyang Saputra sebagai salah satu pelatih berharap prestasi ini dapat membawa nama harum SMK Negeri 3 Yogyakarta, sekaligus mempromosikan sekolah melalui ajang Baris-Berbaris. “Kami berharap semua anggota Tonti Bara jangan mudah puas dengan prestasi yang telah dicapai. Harus selalu mawas diri, ketika kita siap meniti tangga ke puncak maka kita harus siap untuk turun ke bawah. Semua harus selalu berbenah, instrospeksi dan memperbaiki diri untuk menjadi yang lebih baik lagi. Jadikan evaluasi sebagai cambuk untuk senantiasa berbenah,” kata Jagyang sesaat setelah berita kemenangan diterima sekolah.

    Bregada Bara Manggala Budaya SMK Negeri 3 Yogyakarta saat mengikuti Festival Bregada Nusantara 2019, Minggu (22/9/2019). Foto : Tonti Bara

    Pada kesempatan lain, Maryono SPd MT selaku Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan SMKN 3 Yogyakarta mengatakan, semakin hari pembinaan Tonti Bara semakin baik, apalagi kepedulian para alumni begitu kuat. Sehingga Tonti Bara sering menjuarai LBB yang diadakan di tingkat DIY. “Ke depan kami menghendaki adanya lomba di level yang lebih tinggi sebagai bentuk pembuktian bahwa Tonti Bara lebih baik,” lata Maryono.

    Prestasi Tonti Bara yang diraih pada Minggu (22/9/2019) adalah prestasi ke-3 dan ke-4 setelah meraih di kejuaraan LBB yang berbeda. Prestasi Tonti Bara yang dicapai sejak bulan Agustus 2019 adalah Juara I Peleton Putra (oleh Tonti Bara XXI) dan Juara 2 Peleton Putra (oleh Tonti Bara XX) pada Lomba Kreasi Baris Berbaris Authentic August di Sleman City Hall pada 22 Agustus 2019.

    Kemudian, Juara I Peleton Putra, Juara Freestyle terbaik serta Juara Umum pada LBB Sport Science 2019, HIMA IKORA Universitas Negeri Yogyakarta pada tanggal 14 September 2019. Selain itu, Juara Terbaik 1 Festival Bregada Nusantara 2019 yang diselenggarakan Keluarga Besar Padmanaba untuk memperingati HUT ke-77 SMA Negeri 3 Yogyakarta pada 22 September 2019 dan Juara I Peleton Putra, Juara Komandan Terbaik dan Juara Umum LBB Dies Natalies Universitas Atma Jaya Yogyakarta pada 22 September 2019. (Arpeni Rahmawati SPd, Guru dan Anggota Staf Kesiswaan SMK Negeri 3 Yogyakarta)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here