Thursday, August 18, 2022
spot_img
spot_img
HomeSeni BudayaMembaca Puisi Bersama di Pameran Karya Achmad Charris Zubair

Membaca Puisi Bersama di Pameran Karya Achmad Charris Zubair

bernasnews.com – Menutup serangkaian acara Pameran Karya dan Kilas Balik Achmad Charris Zubair akan diadakan membaca puisi bersama di Museum Kotagede, Jalan Tegal Gendu Nomor 20 Prenggan, Kemantren Kotagede, Yogyakarta, Sabtu (6/8/2022) pukul 18.30 WIB sampai selesai. Acara ini terbuka untuk umum. Peserta boleh membawakan puisi karya sendiri.

Informasi yang diperoleh dari Satupena DIY, Pameran Karya dan Kilas Balik Achmad Charris Zubair ini dibuka sejak 26 Juli 2022 yang lalu. Selain diisi dengan karya, juga dilaksanakan acara melukis bersama (1/8) dan membaca puisi bersama (6/8). Paling tidak ada 26 karya kukis Wakil Ketua Satupena DIY itu, mulai dari Perempuan Bersandar di Bahu Danyang sampai Kota Lama Semarang. Karya lukisnya ada yang acrylic di atas kanvas, oil pastel di atas kertas, acrylic di  atas keramik, serta spidol dan acrylic di atas kayu telenan.

Achmad Charris Zubair atau ACZ yang lahir di Yogyakarta 25 Juli 2952, sekarang lebih dikenal sebagai budayawan, ilmuwan, dan penggerak budaya masyarakat Kotagede Yogyakarta. Dia purna tugas dari Fakultas Filsafat UGM Yogyakarta per 1 Agustus 2017 dengan pangkat terakhir IV/D dan jabatan terakhir Lektor Kepala.

ACZ telah menulis ratusan karya ilmiah terutama bidang filsafat, etika, dan budaya. Karya itu termuat di dalam jurnal, hasil penelitian, buku bersama, makalah dalam seminar dan sebagainya. Penghargaan yang pernah dia raih antara lain Lencana Karya Satya 20 Tahun dari Presiden RI tahun 2007. Buku yang ditulis, mulai dari Kuliah Etika (1989) sampai Panggung Sandiwara Kehidupan Manusia (2020).

Pencapaian dan pengalaman dalam organsiasi sangat beragam, antara lain mendirikan Yayasan Pusat Studi Dokumentasi dan Pengembangan Budaya Kotagede (1989); Anggota Dewan Pakar ICMI DIY (2022-2027); Wakil Ketua Satupena DIY (2022-2027). (mar)   

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments