Home Opini Memaknai Kemerdekaan dengan Menerapkan Merdeka Belajar

Memaknai Kemerdekaan dengan Menerapkan Merdeka Belajar

459
0
Nunik Dwiastuti SPd, penulis adalah Guru PPKn SMK Negeri 5 Yogyakarta

BERNASNEWS.COM – Kemerdekaan merupakan salah satu cita-cita perjuangan bangsa Indonesia sebagaimana terdapat dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 alenia kedua yang berbunyi: dan perjuangan kemerdekaan Indonesia telah sampailah kepada saat yang berbahagia dengan selamat sentausa mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan negara Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Merdeka berarti bebas dari segala bentuk penindasan dan penjajahan. Saat ini bangsa Indonesia telah 76 tahun merdeka. Jadi merdeka dalam arti bebas dari penjajahan telah dapat diraih, namun di usia yang sudah 76 tahun kemerdekaan ini, sudahkah kita merasakan merdeka dalam belajar?

Merdeka belajar merupakan upaya kemerdekaan dalam berpikir dan berekspresi. Hal ini merupakan salah satu yang dicanangkan Kemendikbud Ristek dalam dunia pendidikan dengan program merdeka belajar, yang bertujuan untuk memerdekakan guru dan siswa seperti semangat dari Bapak Pendidikan Nasional Ki Hadjar Dewantara yaitu memerdekakan manusia khususnya dalam dunia pendidikan.

Lalu bagaimana kita bisa menerapkanmerdeka belajar di masa pandemi ini? Di masa pandemi seperti sekarang ini, kegiatan belajar mengajar lebih banyak dilakukan dengan pembelajaran jarak jauh. Model pembelajaran jarak jauh lebih banyak memberikan kesempatan baik kepada guru maupun peserta didik untuk dapat menerapkan merdeka belajar.

Bagi guru, merdeka belajar merupakan kesempatan untuk dapat berpikir, berekspresi bahkan berkreasi dalam melaksanakan proses pembelajaran dengan membuat media belajar dan menerapkan model pembelajaran menggunakan teknologi informasi serta media sosial yang ada, memilih metode pembelajaran serta mengembangkan materi ajar dengan sebaik-baiknya.

Model dan media pembelajaran yang bervariasi dan menarik serta sesuai dengan kondisi peserta didik sangat dibutuhkan, agar peserta didik dapat mengikuti proses pembelajaran dengan baik sekalipun dengan pembelajaran jarak jauh.

Dengan merdeka belajar guru akan dapat melaksanakan proses belajar bahkan mengembangkan proses belajar yang sesuai dengan kemampuan berpikir dan berekspresi. Bagi guru yang memiliki semangat berpikir dan berekspresi yang tinggi maka akan semakin dapat mengembangkan proses pembelajaran yang lebih kreatif dan menarik serta menyenangkan sekalipun harus mengajar secara daring.

Guru bebas mengembangkan ide dan gagasan baru dalam mengembangkan materi ajar, dan memilih media dan model pembelajaran yang  lebih bervariatif, menarik, aktual dan sesuai dengan kondisi guru serta  kondisi siswa.

Bagi peserta didik merdeka belajar adalah kebebasan bagi setiap warga negara untuk dapat memperoleh pendidikan. Hal ini sesuai dengan amanat pasal 31 ayat 1 UUD NRI Tahun 1945. Pada zaman penjajahan , seluruh warga negara tidak dapat menikmati pendidikan dengan baik karena hak untuk mendapatkan pendidikan tersebut hanya dimiliki oleh masyarakat golongan tertentu saja. Namun setelah kemerdekaan hak dan kebebasan untuk mendapatkan pendidikan dimiliki oleh setiap warga negara bahkan dijamin dalam konstitusi.

Kata setiap warga negara ini diartikan bahwa pendidikan harus dapat diterima oleh semua warga negara, sekalipun tetap dalam batas-batas yang ditentukan menurut Undang- Undang. Dalam hal ini,  tugas pemerintah adalah menyediakan sarana dan prasarana yang memadai serta mengatur dengan membuat regulasi terselenggaranya pendidikan di seluruh wilayah Tanah Air bagi warga negara, serta tugas pelaku pendidikan untuk dapat menyelenggarakan layanan pendidikan yang terbuka untuk setiap warga negara sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Bagi peserta didik merdeka belajar juga diartikan sebagai kebebasan berpikir dan berkreasi dalam proses pembelajaran. Di masa pandemic seperti ini, merdeka belajar dapat diterapkan dengan memberi kesempatan bagi peserta didik untuk dapat mengembangkan pola pikir dan ekspresi yang dimiliki dalam mengikuti proses belajar mengajar.

Salah satunya adalah bahwa dalam pembelajaran jarak jauh banyak guru yang menerapkan pola belajar asinkronus. Hal ini  lebih banyak memberi kesempatan kepada peserta didik untuk memilih waktu belajar dan waktu untuk mengerjakan tugas sesuai dengan waktu yang mereka miliki sekalipun tetap dalam batas waktu yang ditentukan oleh guru, namun peserta didik tetap memiliki kesempatan dan waktu yang luas untuk belajar.

Di samping itu peserta didik juga memiliki kebebasan berpikir dan berekspresi dalam menyelesaikan setiap tugas yang diberikan oleh guru, bagi peserta didik yang memiliki semangat yang tinggi untuk dapat mengembangkan dirinya maka akan dapat memperoleh hasil belajar yang baik.

Penggunaan teknologi dan informasi yang dapat diakses oleh peserta didik dengan mudah, juga dapat membantu mereka untuk mengembangkan kebebasan berpikir dan berekspresi dengan baik dalam belajar dan mengerjakan tugas tugas serta mengembangkan wawasan, pengetahuan, dan bakat yang mereka miliki, tentunya tetap dalam batas batas norma dan aturan yang ada di sekolah, masyarakat maupun bangsa dan negara.

Dalam hal ini peran orangtua sangat diperlukan dalam mendampingi anak-anak untuk dapat belajar dengan baik, agar kebebasan yang mereka miliki untuk berpikir dan berekspresi tetap dalam batas batas norma dan tidak melanggar aturan yang ada.

Selain orangtua guru pun harus dapat mendampingi dengan baik, menanyakan kendala yang dihadapi siswa dalam belajar dan memberikan solusi yang tepat serta dapat mengarahkan peserta didik dalam menjalankan kebebasan berpikir dan berekspresi sehingga dapat bertanggungjawab, terarah dan dapat menghasilkan hasil belajar yang baik pula.

Dengan adanya merdeka belajar maka diharapkan guru dan peserta didik dapat lebih nyaman dalam mngembangkan pola pikir dan ekspresi serta kreativitas dalam melaksanakan proses kegiatan belajar mengajar untuk dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.

Dengan meningkatnya kualitas kegiatan belajar mengajar diharapkan akan dapat meningkatkan kualitas hasil belajar dalam rangka mendidik generasi muda yang akan menjadi generasi penerus bangsa dalam mencapai cita cita perjuangan kemerdekaan di era sekarang ini, menuju masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera.

Selamat memperingati Hari Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia, selamat menerapkan merdeka belajar. Dirgahayu ke-76 Kemerdekaan RI. Merdeka….(Nunik Dwiastuti SPd, penulis adalah Guru PPKn SMK Negeri 5 Yogyakarta)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here