Melayani Enrollment dan Otentikasi Peserta Pensiun, Pengalaman Magang di PT Taspen Cabang Yogyakarta

    4129
    0
    Saat melayani enrolment kepada peserta pensiun, di Kantor PT. Taspen (Pesero) Cabang Yogyakarta. (Foto: Istimewa)

    BERNASNEWS.COM — Dalam membentuk mahasiswa yang inovatif dan kreatif, Program studi Ekonomi Universitas AMIKOM Yogyakarta mengadakan praktek kerja lapangan atau yang biasa disebut magang sebagai syarat kelulusan setiap mahasiswanya. Kegiatan magang ini diharapkan dapat dijadikan media pembelajaran atas ilmu-ilmu yang telah diperoleh di perkuliahan, serta menambah kemampuan mahasiswa dalam bersosialisasi di dunia kerja sehingga menghasilkan nilai tambah dari yang lainnya, sedangkan untuk pihak mitra magang dapat dijadikan sarana promosi meningkatkan branding dan sosialisasi perusahaan dalam perekrutan tenaga kerja magang yang dapat menambah produktivitas secara keseluruhan.

    Mahasiswa diberi kebebasan untuk memilih lokasi tempat magang sesuai keinginannya. Pada kesempatan ini, saya memilih PT Taspen (Persero) Kantor Cabang Yogyakarta yang beralamatkan, di Jalan Ipda Tut Harsono, Timoho, Kelurahan, Muja Muju, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

    PT Taspen (Persero) Kantor Cabang Yogyakarta merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang jasa asuransi, tabungan dan dana pensiun. Dalam menjalankan   kegiatan   usahanya PT   Taspen Yogyakarta mengelola produk asuransi yang berupa program Tabungan Hari Tua (THT), Program Pensiun dan Program Jaminan Kematian.

    Dalam kegiatan magang itu, mahasiswa ditempatkan dalam Divisi Layanan dan Manfaat yang bertanggung jawab atas perencanaan dan koordinasi pelaksanaan kegiatan pelayanan dan pemasaran mengelola kegiatan pengumpulan, pengolahan serta penyajian data peserta program pensiun PT Taspen, khususnya dalam melayani enrollment dan otentikasi para peserta pensiun.

    Fristi Wiku, Mahasiswa Prodi Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Sosial Universitas AMIKOM Yogyakarta. (Foto: Dok. Pribadi)

    Enrollment adalah sistem informasi biometric sebagai upaya PT Taspen (Persero) mendigitalisasi pelayanan terhadap peserta pensiun, dengan cara mengambil data biometrik (foto wajah, sidik jari, sampai suara) pada Kantor Taspen dan mitra bayar Taspen. Sedangkan otentikasi adalah aplikasi smartphone yang merupakan terobosan baru dari PT Taspen untuk kemudahan para penerima pensiun agar tidak perlu mendatangi Taspen atau kantor bayar untuk verifikasi memastikan dana pensiun telah diterima oleh yang berhak.

    Dengan adanya otentikasi melalui smartphone, penerima pensiun dapat mengambil uang pensiun di mana saja dan kapan saja setelah jatuh tempo. Otentikasi dapat dilakukan setelah penerima pensiun melakukan enrolment. Enrolment dan otentikasi ini merupakan prasyarat bagi peserta pensiun untuk memperoleh hak pensiunnya.

    Jadi setiap calon atau peserta pensiun wajib melakukan kedua kegiatan tersebut, kecuali bagi peserta yang sudah tidak bisa beraktivitas karena faktor usia akan diberikan kebijakan tersendiri oleh PT Taspen, yakni dengan didatangi oleh pihak Taspen langsung ke tempat tinggalnya untuk melakukan pendataan.

    Selain itu, dalam divisi layanan dan manfaat mahasiswa juga melakukan berbagai kegiatan seperti, layanan mobile Taspen dan sosialisasi produk Taspen ke berbagai daerah Kabupaten/ Kota di DIY, dengan tujuan untuk memberikan pelayanan dan penjelasan mengenai prasyarat pensiun kepada calon peserta pensiun yang terkendala akses ke Kantor Cabang Taspen. Serta mengoperasikan berbagai aplikasi layanan digital Taspen, antara lain aplikasi layanan satu titik Taspen untuk mencetak rincian gaji, pajak serta informasi data diri peserta pensiunan. Dalam pelaksanaan magang, mahasiswa dibimbing dan diawasi oleh pembimbing lapangan yang ada di tempat magang tersebut, di samping adanya dosen pembimbing akademik.

    Tentunya saat melaksanakan berbagai kegiatan, khususnya pada divisi layanan yang langsung berinteraksi dengan para pensiunan, mahasiswa memiliki permasalahan sendiri seperti komplain dari penerima pensiun. Karena kesulitan menggunakan aplikasi otentikasi PT Taspen yang membuat uang pensiunan mereka tidak bisa diambil, perbedaan data diri peserta pensiun dengan penerima pensiun.

    Sebab tidak ada pelaporan yang jelas tentang status pensiun aktif dari ahli waris tertunjang, serta adanya kesalahpahaman informasi yang diterima oleh pensiun tentang jadwal melakukan otentikasi sehingga mengakibatkan rekening pensiunannya terblokir dan dana/gaji pensiun tidak bisa masuk.

    Selama menjalani kegiatan magang di PT Taspen Yogyakarta, mahasiswa peserta magang mendapatkan pengalaman yang sangat berharga dalam divisi layanan dan manfaat, yaitu  belajar berinteraksi dengan bahasa yang baik dan informatif, berusaha selalu tanggap dan ingin tahu tentang tugas yang diberikan. Karena itu akan menjadi nilai tambah tersendiri sebagai peserta magang.

    Berfikir kritis dan bijaksana dalam menyelesaikan berbagai permasalahan yang dihadapi. Selalu berkomunikasi dengan baik kepada karyawan tempat magang apabila belum memahami tugas yang diberikan, serta yang paling penting adalah selalu memberikan layanan sepenuh hati kepada para pensiunan. Karena kepuasan mereka merupakan keberhasilan kita dalam melakukan pekerjaan. Hal-hal inilah yang akan menjadi bekal para mahasiswa untuk diterapkan dalam dunia kerja dan menjadi sumber daya yang berkualitas nantinya. (Fristi Wiku, Mahasiswa Prodi Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Sosial, Universitas AMIKOM Yogyakarta)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here