Home News Masjid Al Ma’ruf Jatimas Resmikan Posbindu

Masjid Al Ma’ruf Jatimas Resmikan Posbindu

776
0
Tokoh masyarakat Jatimas, Jatisawit, Gamping Sleman dan jamaah Masjid Al Ma'ruf Jatimas, Minggu (29/9/2019), menyaksikan peresmian Posbindu. (Nuning/ Bernasnews.com)

BERNASNEWS.COM — Pos pembinaan terpadu (Posbindu) adalah kegiatan monitoring dan deteksi dini faktor resiko Penyakit Tidak Menular (PTM) yg dikelola oleh masyarakat. Sehingga takmir masjid Al Ma’ruf menangkap peluang ini dengan membentuk Posbindu, dengan tujuan meningkatkan kesehatan para jamaah dan sekitarnya, serta meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penemuan dini faktor resiko PTM.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Yayasan Muslim Jatimas Drs.H.Nur Hidayat Pamungkas, Minggu (29/9/2010), dalam sambutannya saat peresmian Posbindu Masjid Al Maruf usai kajian rutin Ahad pagi, di Masjid Al Ma’ruf, Perum Jatimas, Gamping, Sleman, DIY.

“Takmir sudah bekoordinasi dengan  Puskesmas Gamping 1 Sleman sebagai  pembina posbindu yang kegiatannya mendeteksi dini, jika diketemukan masalah kesehatan maka akan dianjurkan periksa lebih lanjut di Puskesmas. Tidak ada pengobatan atau terapi di posbindu, hanya penyuluhan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang dilakukan oleh petugas kesehatan yang menjadi jamaah masjid dan pengurus takmir,” terang Nur Hidayat.

Posbindu dibentuk untuk mendukung program pemerintah dengan dicanangkannya progam GERMAS. Gerakan Masyarakat Sehat atau yang disingkat GERMAS adalah sebuah gerakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat.

“Selain dibawah pembinaan Puskesmas Gamping 1 Sleman, Posbindu Masjid Al Maruf juga bekerjasama dengan salah satu perguruan tinggi di bidang kesehatan. Sementara pelayanan posbindu belum bisa setiap hari, sebatas baru hari Minggu bakda subuh, Rabu sore, dan Jumat sore,”imbuhnya.

Peresmian Posbindu Masjid Al Ma’ruf Jatimas, selain dihadiri oleh Ketua Yayasan Muslim Jatimas, juga hadir pada kesempatan itu segenap Ketua Kelompok Belajar se perumahan Jatimas, Kepala Dukuh Jatisawit, takmir mesjid dan para jamaah masjid tersebut. (nun/ ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here