Wednesday, May 18, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsMAPAWIMA Bantu Pengembangan Lokasi Wisata Pendakian Gunung Sumbing Temanggung

MAPAWIMA Bantu Pengembangan Lokasi Wisata Pendakian Gunung Sumbing Temanggung

bernasnews.com — Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Widya Mataram atau MAPAWIMA mengadakan pengembangan lokasi wisata pendakian Gunung Sumbing di Basecamp  Bimawari,  Dukuh  Wonosari,  Kecamatan  Bulu,  Kabupaten  Temanggung,  Provinsi Jawa Tengah, tanggal 5 – 6 Maret 2022.  

“Kegiatan kami selama di sana yaitu  pembenahan  jalur  pendakian, pembuatan shalter dan menanam 200 pohon di sepanjang jalur pendakian. Penanaman pohon dilakukan oleh anggota MAPAWIMA bekerja sama  dengan  Basecamp Bimawari, serta  mengajak masyarakat untuk ikut berpartisipasi. Harapannya, mereka teredukasi dalam melestarikan alam dan dapat lebih peduli terhadap lingkungan,” kata Muhammad Fikri dari MAPAWIMA dalam siaran pers yang dikirimkan ke bernasnews, pekan ini.   

Menurut dia, pembenahan jalur pendakian sebagai salah satu upaya untuk mengurangi risiko yang membahayakan bagi para pendaki yang melintasi jalur tersebut. Demikian pula, pembuatan ulang shalter di Pos 2 yang sudah tidak layak digunakan  agar pendaki dapat beristirahat dengan nyaman dan aman.

Sedangkan untuk penanaman pohon jenis gayam di Gunung Sumbing dimaksudkan karena pohon tersebut memiliki akar pohon yang padat dan dalam, sehingga berfungsi sebagai biopori yang menjadi daya resapan air hujan dan melindungi mata air.

“Dalam penghujung kegiatan, kami turut membantu dan dipercaya untuk mempromosikan jalur pendakian Gunung Sumbing via basecamp Bimawari. Harapannya supaya kawasan itu ramai dikunjungi dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Adapun usaha kami mempromosikan tempat tersebut dengan membuat video cinematic serta memposting gambar dan video yang berkaitan dengan basecamp Bimawari,” kata Fikri.

Suasana Seminar Konservasi dan Pemeliharaan Wisata Pendakian oleh MAPAWIMA di Kampus UWM, Ndalem Mangkubumen Yigyakarta dan melalui zoom, belum lama ini. (Foto : Istimewa)

Seminar konservasi di UWM

Sebelum melaksanakan pengembangan lokasi wisata, MAPAWIMA mengadakan Seminar Konservasi bertema Memberikan Pemahaman kepada Masyarakat tentang Pelestarian Alam di Tengah Masa Pandemi di Pendopo Agung  UWM,  Ndalem Mangkubumen Yogyakarta, dan melalui zoom, Jumat (4/3). Tampil sebagai narasumber Kusmardiastuti, S.Hut,,MP dari PEH BKSDA Yogyakarta dan Cunduk Wasiati, SH.,M.Hum selaku Dosen Lingkungan Hidup UWM dengan dipandu moderator  Muhammad Fikri.

Kusmardiastuti, S.Hut,,MP mengatakan, kepada para pecinta alam baik  MAPALA maupun SISPALA serta masyarakat yang mempunyai jiwa kepedulian terhadap lingkungan agar menjaga lingkungan dan kebersihan dengan cara tidak membuang sampah sembarangan dan lebih memperhatikan keadaan sekitar dan sesama. (*/ mar)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments