Home Opini Manfaat TikTok Sebagai Media Pembelajaran di Masa Pandemi

Manfaat TikTok Sebagai Media Pembelajaran di Masa Pandemi

141
0
Zalsabila Putri Fildzah, Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Widya Mataram Yogyakarta. (Foto: Dok. Pribadi)

BERNASNEWS.COM — Keberadaan media sosial saat ini menjadi salah satu sorotan penting bagi publik, karena sudah menjadi kebutuhan yang sifatnya primer bagi seluruh masyarakat dunia. Sudah banyak aplikasi di media sosial menawarkan banyak pelayanan yang menarik bagi setiap pengguna setianya. Bahkan ada juga yang menawarkan hiburan berupa penayangan konten-konten menarik. Apalagi di masa pandemi yang membuat akivitas masyarakat menjadi sangat terbatas. Dikarenakan adanya aturan dari pemerintah untuk menerapkan sistem lockdown yang membuat masyarakat kesulitan untuk melakukan aktivitasnya sehari-hari di luar rumah.

Dalam momen tersebut, banyak perusahaan-perusahaan besar yang bergerak dibidang media komunikasi ini berlomba-lomba memanfaatkan situasi ini dengan menciptakan aplikasi media sosial untuk menarik simpati pelanggannya melalui pelayanan-pelayanan yang telah disediakannya. Sebut saja salah satu aplikasi media sosial yang saat ini sedang naik daun yaitu TikTok. Platform digital tersebut merupakan sebuah aplikasi media sosial yang bergerak dibidang dunia hiburan.

Seiring berjalannya waktu, juga perkembangan trend model masa kini, popularitas aplikasi TikTok akhirnya semakin lama semakin berkembang pesat. Munculnya pandemi Covid-19 ini memberikan banyak dampak besar bagi masyarakat. Tidak hanya dalam persoalan dunia kesehatan saja yang terganggu, tetapi juga seluruh sektor humanis pun turut andil merasakan efek dari masalah ini. Banyak dari mereka yang kehilangan momen berkumpul bersama keluarga dan teman-teman. Tidak hanya itu, mereka pun menjadi kesulitan dalam mengakses pendidikan juga banyak dari mereka yang terpaksa berhenti bekerja atau bahkan menggulung tikarkan usahanya dikarenakan efek yang mereka alami dari pandemi ini.

Tidak hanya itu, akibat pembentukkan kebiasaan baru atau biasa kita sebut New Normal ini, banyak dari mereka yang merasakan kebosanan dalam melakukan aktivitasnya. Bagaimana tidak, saat ini hampir semua kegiatan mereka dibatasi bahkan diwajibkan hanya bisa dilakukan di rumah saja. TikTok yang dahulunya hanya dipakai sebagai media hiburan belaka, kini beralih-fungsi menjadi wadah untuk mereka dalam menstabilkan kondisi keadaan perekonomian mereka. Tak hanya itu, TikTok juga dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat dunia sebagai wadah sarana informasi dan pengetahuan. Dimana saat ini banyak masyarakat yang berlomba-lomba membuat konten-konten menarik yang nantinya menjadi sumber penghasilan mereka yang baru.

Bahkan tak jarang dari mereka yang memanfaatkan TikTok sebagai alat yang mampu memberikan sarana berupa seputar ilmu pengetahuan, sarana informasi terkait lowongan pekerjaan, sebagai edukasi terkait masalah kesehatan fisik maupun psikis seseorang, alat pemasaran usahanya,alat untuk merekomendasikan tempat-tempat wisata yang menarik, dan bahkan dijadikan wadah untuk menambah relasi.

Kini fungsi aplikasi TikTok tidak hanya sekedar untuk menghibur masyarakat saja, tetapi juga dapat dijadikan sebagai wadah mencari informasi juga pengetahuan. Tidak hanya itu, TikTok pula dapat dijadikan sebagai ladang mencari sumber rezeki. Oleh karena itu, kita sebagai pengguna media sosial, diharapkan dapat bersikap bijak dalam menggunakannya. Karena disisi lain, media sosialpun bisa menjadi pemicu masalah besar jika kita tidak bijak dalam memanfaatkan fungsi media sosial itu sendiri. Untuk itu diperlukan strategi wawasan juga pengetahuan dalam menggunakan media sosial yang saat ini menjadi kebutuhan primer yang wajib ada dalam kehidupan kita. Agar nantinya bisa mendatangkan banyak manfaat bagi kita semua. (Zalsabila Putri Fildzah, Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Widya Mataram Yogyakarta)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here