Monday, June 27, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsManajemen RSUP Sardjito Bantah Ada Perawat yang Terinfeksi Virus Berbahaya

Manajemen RSUP Sardjito Bantah Ada Perawat yang Terinfeksi Virus Berbahaya

BERNASNEWS.COM – Beredar informasi di media sosial bahwa ada virus menular di RSUP Sardjito. Bahkan, akibat informasi ini, penggunaan masker oleh pengunjung menjadi meningkat. Belum lagi, disebutkan bahwa sudah ada 2 perawat yang tertular virus ini.

Kasubag Hukum dan Humas RSUP Dr Sardjito Banu Hermawan menegaskan bahwa berita tersebut tidak benar alias hoaks. Pesan ini mengatasnamakan Kabag Op Sardjito melalui pesan singkat WhatsApp.

“Kabag Ops terlihat dari foto (profil WhatsApp), berjenis kelamin laki-laki. Sedangkan Kabag Ops kami, seorang perempuan,” tegas Banu Hermawan, dalam konferensi pers di RSUP Sardjito, Rabu (22/1/2020).

Banu juga mengungkapkan bahwa tidak ada perawat yang tertular virus berbagai tersebut. Pasalnya, setiap perawat di RSUP Sardjito dituntut untuk mampu menjaga daya tahan tubuh sehingga kebal dari berbagai virus.

Informasi ini beredar tak lama setelah tenaga kesehatan RSUP Dr. Sardjito melakukan simulasi untuk menangani viral air-borne disease. Simulasi ini bertujuan untuk menyegarkan kembali ilmu yang telah dimiliki oleh tenaga kesehatan dalam menangani pasien dengan penyakit yang memerlukan penanganan khusus.

“Kalaupun ada (pasien dengan Coronavirus), kita sudah siapkan (untuk prosedur penanganannya). Mulai dari transportasi sejak di bandara, dengan ambulans khusus, sampai ke UGD (unit gawat darurat) khusus. Peralatan dan SDM di ICU nantinya juga khusus. Ada ruang isolasi. Kita siap kalau hal tersebut terjadi,” ujar Direktur RSUP Sardjito, Darwinto.

RSUP Sardjito pun memiliki ruang isolasi dengan menggunakan tekanan udara negatif yang akan mematikan virus. Sehingga, pengunjung tidak usah khawatir untuk berkunjung ke RSUP Dr Sardjito.

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments