Home News Malam Tahun Baru 2022, Obyek Wisata Alkid Jogja Ditutup

Malam Tahun Baru 2022, Obyek Wisata Alkid Jogja Ditutup

370
0
Kagungan dalem Alun alun Kidul (Alkid), Kraton Yogyakarta, Rabu (29/12/2021). Foto: Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com.

BERNASNEWS.COM — Menindaklajuti Intruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 66 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Corona Disease 2019 (Covid-19), pada saat Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, Satgas Covid Kemantren Kraton yang terdiri dari Kemantren, Polsek dan Koramil Kraton akan melaksanakan penutupan Alun alun Kidul (Alkid), Kota Yogyakarta.

“Rencana penutupan Alkid dimulai tanggal 31 Desember, Pukul 15:00 WIB sampai dengan tanggal 1 Januari 2021,” terang Mantri Anom (Sekcam) Kemantren Kraton Sulasmi, saat dikonfirmasi atas beredarnya Surat dari Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kemantren Kraton yang ditujukan kepada Penghageng KHP Panitipura Kraton Ngayogyakarta Hadingrat , di media sosial WAG Pokdarwis.

Suasana Alun alun Kidul (Alkid) Yogyakarta, Rabu (29/12/2021) pagi. (Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com)

Dikatakan, terkait dengan hal tersebut dari Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat melalui nawala (surat) Kawedanan Hageng Panitipura yang ditandatangani GKR Condrokirono selaku Penghageng pada prinsipnya tidak keberatan untuk penutupan semua alun alun kagungan ndalem Kraton Yogyakarta.

Seperti telah diketahui, jauh sebelum pandemi Covid-19 melanda, Alkid telah menjadi destinasi wisata malam dan wisata kulinernya Kota Yogyakarta. Selain adanya lapak-lapak kuliner khas, juga ada beberapa wahan permainan antara lain, masangin yaitu masuk diantara dua pohon beringin dengan mata ditutup kain dan permainan egrang bambu.

Juga odong-odong semacam becak kayuh yang berhiaskan lampu warna-warni. Keberadaan odong-odong telah menjadi salah satu ikonnya pariwisata  Jogja, namun konon menurut kabar wahana permainan ini telah dilarang karena menyebabkan terganggunya akses jalan lingkar di Alun alun Kidul, Kota Yogyakarta. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here