Home Pendidikan Makin Banyak Masyarakat Berminat Menempuh Pendidikan Pascasarjana

Makin Banyak Masyarakat Berminat Menempuh Pendidikan Pascasarjana

185
0
Sharing Session : Kerja dan Kuliah S2 Lulus Tepat Waktu di Prodi Teknik Industri, MTI UII pada hari Sabtu 27 Februari 2021. Foto : kiriman Jeri Irgo

BERNASNEWS.COM – Sampai saat ini semakin banyak masyarakat Indonesia yang berminat atau tertarik menempuh jenjang pendikan pascasarjana atau S2 (Strata 2). Sebaliknya, yang berminat untuk menenempuh jenjang pendidikan Strata Satu (S1) dan Strata Tiga (S3/doktor) justru menurun.

Ir Winda Nur Cahyo ST MT PhD IPM, Ketua Program Studi Teknik Industri, Program Magister FTI UII dalam jumpa pers secara daring, hari Sabtu 27 Februari 2021 menyebutkan, berdasarkan data pada tahun 2014/2015, sebanyak 90 persen lulusan S1 melanjutkan studi ke jenjang S2. Dan pada tahun 2016/2017 meningkat lagi menjadi 119,9 persen lulusan S1 yang melanjutkan ke jenjang pendidikan pascasarjana.

Sementara yang melanjutkan pendidikan ke jenjang S1 justru menurun. Pada tahun 2014/2015 dari 47,2 persen turun menjadi 41,5 pada tahun 2016/2017. Hal yang sama pun terjadi pada jenjang pendidikan S3. Pada tahun 2014/2015 dari 41,5 persen yang melanjutkan ke S3, pada tahun tahun 2016/2017 turun menjadi 21,8 persen.

Menurut Winda Nur Cahyo, di Program Magister FTI UII pihaknya mendorong mahasiswa untuk lulus tepat waktu. Hal ini dilakukan kelas Blended Learning yaitu perpaduan antara daring dan luring khusus bagi mahasiswa yang kuliah samil bekerja. Hal ini menjadi strategi agar mhasiswa dapat lulus tepat waktu dan mendapatkan Penomoran Ijazah Nasional (PIN).

“Dan Alhamdulillah 5 Mahasiswa Program Magister FTI UII yang ikut kelas Blended Learning lulus tepat waktu dengan IPK di atas 3.00 walau kuliah sambil bekerja,” kata Winda Nur Cahyo.

Sementara kurikulum yang digunakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Hanya saja saat mahasiswa mengambil Mata Kuliah Metodologi Penelitian di semester 2 mendapatkan tugas sebagai salah satu syarat Ujian Akhir Semester adalah membuat Proposal Penelitian. Sehingga pada semester 3 mahasiswa sudah dapat mulai melakukan penelitian tugas akhir dan pada semester 4 dapat mengajukan Ujian Pendadaran.

Sementara itu, dalam acara Sharing Session : Kerja dan Kuliah S2 Lulus Tepat Waktu, 5 mahasiswa Program Studi Teknik Industri, Program Magister FTI UII yang kuliah sambil kerja dan lulus tepat waktu dengan IPK di atas 3.00 yakni Ignatius Widihandono, Muhammad Amin, Ruswan, Susi Kardina Ria dan Yasir menyampaikan sharing pengalaman mereka. Mereka diwisuda pada acara Wisuda Doktor, Magister, Sarjana dan Diploma Periode II dan III Tahun Akademik 2020/2021 secara Daring dan Luring, Sabtu (27/2/2021).

Ignatius Widihandon, yang bekerja di PT Pos Logistikmengaku kunci bisa lulus tepat waktu adalah harus bisa membagi waktu antara bekerja dan kuliah. Ia bekerja di Semarang harus mengikuti kuliah tatap muka di Kampus FTI UII di Yogyakarta, setiap Sabtu dan Minggu.

“Saat menyusun tesis, kami ikuti saja petunjuk dosen pembimbing. Kalau dosen pembimbing tidak ada waktu pada hari Sabtu dan Minggu ya terpaksa ambil cuti kerja untuk bertemu dosen pembimbing,” kata Widihandono.

Sementara Muhammad Amin, wirausahawan dari Balikpapan, Kalimantan Timur mengungkapkan ada kiat agar lulus tepat waktu yaitu niat dan fokus. “Semula saya mengambil kuliah di Yogyakarta dengan harapan bisa belajar sambil wisata. Tetapi padatnya perkuliahan membuat saya hanya fokus pada kuliah,” kata Amin.

Amin mengaku datang ke Yogyakarta pada Sabtu pagi untuk mengikuti kuliah. Ternyata kuliahnya sampai malam dan pulang ke penginapan masih mengerjakan tugas. Sedang pad hari Minggnya masuk kuliah hingga malam hari dan selesai kuliah langsung ke Bandara untuk kembali ke Balikpapan. “Tidak sempat untuk berwisata,” katanya. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here