Tuesday, May 17, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsMakan Gratis untuk Mereka yang Dompetnya Menipis

Makan Gratis untuk Mereka yang Dompetnya Menipis

bernasnews.com – Memberi makan siang tidak akan mengatasi kelaparan. Apalagi jika hanya sekali. Namun, jika digelar serentak di berbagai daerah, gerakan ini menumbuhkan solidaritas.

Ini yang diyakini Lions Club Yogyakarta Tugu Mataram (LCYTM) ketika menyelenggarakan program relieving the hunger berupa pembagian makan siang untuk warga di seputaran Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Piyungan, Bantul, Sabtu (26/3/2022). Program serupa diselenggarakan serentak oleh Lions Club lain di seluruh Indonesia.

“Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian kami pada saudara-saudara yang lapar dan membutuhkan,” ujar Presiden LCYTM Fransisca Diwati di lokasi pembagian makan siang.

Tampak di lokasi, warga berdatangan silih berganti. Ada yang sendiri, ada yang menggendong anak. Ada yang rapi, ada yang kusut karena sedang bekerja memulung sampah.

Oh, beberapa naik sepeda motor matic. Lho, bisa naik motor kok mau menerima makan siang? “Harga-harga baik, kebutuhan kami banyak,” ujar Pak Wito, pekerja di pengepulan sampah.

Punya kendaraan bermotor, kata dia, tak berarti mereka berkecukupan. Motor adalah sarana mobilitas untuk bekerja. Maka, pembagian makan siang untuk dia dan anak-istrinya lumayan mengurangi pengeluaran hari itu. “Bisa untuk belanja kebutuhan lain,” imbuh pekerja asal Saptosari, Gunung Kidul, itu.

Apa lagi efek baik dari program seperti ini? Yakni, pemerataan ekonomi. Caranya dengan memesan makanan di warung makan terdekat, bukan pesan dari luar. Artinya, kegiatan seperti ini berefek domino yang baik. Bisa sebagai inspirasi bagi masyarakat supaya peka terhadap lingkungan sekitar dan segera beraksi. (AA Kunto A)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments