Home News Maju Pilkada Gunungkidul, Rektor UNY Luncurkan Slogan “Kadhung Trisna”

Maju Pilkada Gunungkidul, Rektor UNY Luncurkan Slogan “Kadhung Trisna”

673
0
Rektor UNY Prof Dr Sutrisna Wibawa MPd (kanan). Foto : Istimewa

BERNASNEWS.COM — Rektor UNY Prof Dr Sutrisna Wibawa MPd siap maju sebagai calon bupati dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Gunung Kidul tahun 2020. Dalam kunjungan kerja ke Gunung Kidul, Kamis (9/1/2020), Prof Sutrisna memperkenalkan slogan “Kadhung Trisna” sebagai tagline kampanyenya.

“Slogan ini menurut Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), tidak sekadar identik dengan namanya Sutrisna, namun bagi guru besar filsafat Jawa ini, slogan tersebut lebih mengedepankan filosofi bagaimana ia dicintai rakyat Gunung Kidul,” kata Ilham Dary Athallah S.IP, Tenaga Ahli Pewarta di Sekretariat Rektor UNY, kepada Bernasnews.com, Kamis (9/1/2020).

Menurut Ilham, Sutrisna ingin dicintai karena gagasan dan visi membangun dan memajukan masa depan Gunung Kidul. Ia juga dicintai karena bisa bersama-sama rakyat Gunung Kidul membangun daerah. Karena itu, slogan disusun dengan memprioritaskan kata “Trisna” atau cinta.

Rektor UNY Prof Dr Sutrisna Wibawa MPd. Foto : Istimewa

“Sebagai putra daerah, saya tentu punya kewajiban membangun tanah kelahiran. Tidak sendiri, namun bersama-sama siapa pun yang memiliki visi yang sama. Kalau kita punya rasa trisna (cinta) yang sepenuh hati untuk Gunung Kidul, pembangunan dapat berjalan optimal,” kata Sutrisna seperti dikutip Ilhmad Dary.

Menurut Ilham, Prof Sutrisna sebenarnya sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Gunung Kidul. Pada akhir 2019, sebagai Rektor UNY, ia bersama Bupati Gunungkidul Dra Badingah menginisiasi lahirnya Kampus Pendidikan Vokasi UNY Gunung Kidul. Menurut rencana, kampus ini akan dibangun di daerah Semanu dan mulai berjalan tahun ajaran 2020/2021.

Kehadiran Sutrisna memberi harapan baru. Betapa tidak, Sutrisna Wibawa, selain memiliki visi pembangunan SDM unggul, perhatian dengan dunia pariwisata, ia juga memiliki jaringan besar di Pusat dan bisa berguma bagi pembangunan Gunung Kidul ke depan.

Rektor UNY Prof Dr Sutrisna Wibawa MPd (kedua dari kanan) saat diwancara wartawan beberapa waktu lalu. Foto : Istimewa

Mendapat kode dari Menteri Desa

Bahkan, menurut Ilham, Menteri Desa Abdul Halim Iskandar, dalam acara Stadium Generali bersama DPP IKA UNY pada Sabtu (4/1/2020) hingga Rabu (8/1/2020) mendorong Sutrisna untuk membangun kemitraan strategis dengan Kementerian Desa.

Selain itu, kakak dari Ketua PKB Muhaimin Iskandar ini mendoakan Sutrisna Wibawa tidak lama-lama menjabat rektor. Ia juga menyatakan siap memberikan ilmu sebagai politisi. Namun demikian, Halim enggan menyebutkan akan menjadi apa setelah berhenti sebagai rektor. Ungkapan ini disambut tepuk tangan meriah dari para peserta seminar.

“Kalau saya minta, Pak Rektor ini segera berhenti jadi Rektor UNY. Saya tidak bilang berhenti untuk menjadi apa. Tapi, saya siap mengajari Pak Rektor untuk menjadi politisi,” ujarnya disambut tepuk tangan peserta Studium General.

Seperti diketahui nama Rektor UNY Sutrisna Wibawa masuk dalam penjaringan 4 partai sebagai bakal calon Bupati Gunung Kidul. “Saya telah berikhtiar untuk membangun Gunung Kidul. Mohon dukungan dan doanya,” kata Prof Sutrisna. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here