Tuesday, May 17, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomePendidikanMajalah Literasi Guru agar Turut Dukung Peningkatan Kualitas Guru dan Pendidikan

Majalah Literasi Guru agar Turut Dukung Peningkatan Kualitas Guru dan Pendidikan

bernasnews.com – Keberadaan dan karya Majalah Literasi Guru (Maligu) agar turut mendukung peningkatan kualitas guru dan pendidikan, khususnya di Kabupaten Sleman. Gerakan Literasi Sekolah (GLS) memang harus didukung para pihak antara lain dengan tersedianya media yang dapat menampung karya tulis pendidik.

“Kami menyambut gembira atas kehadiran Maligu dan keterlibatan para guru di jajaran redaksi media ini. Kami berharap, iklim kepenulisan para guru dapat meningkat. Kami siap berkolaborasi demi kemajuan pendidikan di Kabupaten Sleman, antara lain dalam bidang literasi,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman Drs Ery Widaryana, MM ketika menerima jajaran redaksi Maligu di ruang pertemuan Dinas Pendidikan, Jalan Parasamya, Beran, Tridadi, Sleman, Senin (21/3/2022).    

Pada pertemuan dengan jajaran redaksi Maligu ini, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman didampingi oleh Sekretaris Dinas Sri Adi Marsanto, ST., MA., Kabid Pembinaan SMP Dwi Warni Yuliastuti AP MPd., Kabid Pembinaan SD Rira Meuthia, SE, Kabid Pembinaan PAUD dan Dikmas Dra Sri Sumiyatun, Kabid Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dra Tuarini, MPd serta Kasubbag Umum dan Kepegawaian Susilowati, SPd.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman Drs Ery Widaryana, MM dan staf menerima Majalah Literasi Guru dan beberapa buku dari Redaksi Maligu di kantor dinas setempat, Senin (21/3). (Foto : Sri Wijiyati)

Menurut Ery Widaryana, Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman memiliki Jurnal Ilmiah Dwija Sembada sebagai sarana untuk menampung karya ilmiah para guru di Sleman. Jurnal ber-ISSN dari LIPI ini terbit rutin dua kali setahun sejak tujuh tahun yang lalu. Juga ada media bagi para guru PAUD dan Dikmas. Itu merupakan bukti komitmen dari dinas untuk peningkatan kualitas guru.

“Jumlah guru di Kabupaten Sleman itu ribuan orang. Media pendidikan yang kami miliki tentu tidak cukup untuk menampung karya tulis para guru. Maka peran serta masyarakat dengan menerbitkan media pendidikan akan memberikan manfaat. Di sisi lain, para guru juga harus berkarya demi pengembangan diri. Kalau karya tulisnya untuk urusan kenaikan pangkat, ya harus menyesuaikan dengan ketentuan yang ada. Kami prinsipnya membantu sesuai ketentuan,” kata dia.

Redaktur Senior Maligu Susy Ernawati SPd MPd pada kesempatan ini mengemukakan, kunjungan media ini dilakukan selain sebagai silaturahmi juga berharap kerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman. Dengan adanya kerjasama dan kebersamaan, media pendidikan ber-ISSN dari LIPI yang terbit berkala dua kali setahun ini dapat melangkah lebih baik.

Pertemuan dalam suasana kekeluargaan ini diselingi dengan dialog dan pembacaan puisi “mendadak” oleh dua Redaksi Maligu, Yoseph Nai Helly, S.Sit. MA dan Nisem, S.Pd. Pembacaan puisi dilakukan karena tanggal 21 Maret adalah Hari Puisi Sedunia. (mar) 

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments