Home News Mahfud MD: Pemerintah Tingkatkan Pembangunan di Lintas Batas Negara

Mahfud MD: Pemerintah Tingkatkan Pembangunan di Lintas Batas Negara

30
0
Menkopolhukam Mahfud MD bersama Mendagri Tito Karnavian saat berbincang dengan wartawan di atas KRI Semarang dalam perjalanan menuju Laut di perairan Natuna, Rabu 24 November 2021. Foto: [email protected]

BERNASNEWS.COM – Menkopolhukam Mahfud MD mengatakan, sesuai tekad dan komitmen Presiden Joko Widodo, pemerintah akan terus meningkatkan pembangunan dan keamanan di lintas batas negara, termasuk di perairan Natuna. Hal ini dilakukan agar Laut Natuna Utara selalu dalam kondisi aman dan terkendali dalam Kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Hal itu disampaikan Mahfud MD saat berada di atas KRI Semarang dalam perjalanan menuju Laut di perairan Natuna. Perjalanan dengn KRI Semarang ini dilakukan Menkopolhukam bersama rombongan setelah seharian menggelar rapat Koordinasi Pengelolaan Perbatasan Negara di Kantor Bupati Natuna.

Sambil menunggu waktu sholat Magrib di atas KRI Semarang, Mahfud MD berbincang santai dengan para awak media. “Saya sebagai Ketua Pengarah Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) meladeni pertanyaan teman-teman pers ditemani Mendagri Tito Karnavian yang adalah Kepala BNPP serta para pejabat terkait lainnya,” kata Mahfud MD dikutip Bernasnews.com di akun Instagramnya @mohmahfudmd.

Dikatakan, peningkatan pembangunan dan keamanan di lintas batas negara, termasuk di perairan Natuna, dilakukan sesuai tekad dan komitmen Presiden Jokowi. Menurut Mahfud MD, isu ini memang tidak popular dan tidak banyak yang tahu, tapi kita jaga terus setiap hari. Semua upaya yang dilakukan untuk menjaga kedaulatan wilayah Indonesia. “Tanah dan perairan tidak boleh sejengkalpun hilang dari kekuasaan, kedaulatan hukum, dan teritori kita,” kata Mahfud MD.

https://www.instagram.com/mohmahfudmd/

Mahfud MD pun mengaku bangga dan terharu berjumpa dengan para prajurit garda terdepan yang setia menjaga NKRI. Jauh dari keluarga dan hiruk pikuk kota, para prajurit ini setiap hari memelihara asa di pulau yang amat jauh dari ibu kota, di pulau-pulau yang berada di ujung negeri, berbatasan dengan negara lain.

“Pagi ini saya tiba di Pulau Sekatung yang berbatasan dengan Vietnam. Pulau ini berada di wilayah Kabupaten Natuna dan menjadi pulau terluar dan paling utara dari Provinsi Kepulauan Riau. Kepada para prajurit yang menjaga Pos Pamputer XXIII ini saya berpesan agar tak lelah mencintai dan menjaga NKRI, dan tentu tak lupa berterima kasih pada mereka yang setia menjaga Indonesia,” kata Mahfud MD.

Pada kesempatan itu, Mhfud MD bersama Mendagri sebagai Kepala BNPP mengelilingi Pulau Sekatung dan Pulau Laut serta memantau hasil pembangunan melalui udara. Sudah menjadi komitmen pemerintah sesuai pesan Presiden Jokowi bahwa wilayah perbatasan harus terus dibangun dan dikembangkan.

Pulau Sekatung sendiri adalah pulau yang tidak berpenghuni. Pulau ini hanya ditempati oleh 20 orang Prajurit TNI yang bertugas mengamankan wilayah dan kedaulatan Indonesia.

Mahfud MD bersama Mendagri, Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) 1 dan Bupati Natuna, pagi ini (24/11) dari atas Kapal KRI Semarang di perairan Natuna, Provinsi Kepulauan Riau bertolak ke Pulau Sekatung dan Pulau Laut menggunakan helikopter.

Warganet pun mendukung penuh apa yang dilakukan pemerintah saat ini. Sebab, semua sektor dibangun dan diperhatikan mulai dari sektor pertanian, perindustrian, perekonomian, infrastruktur, dan bahkan kedaulatan bangsa diwilayah perbatasan. “Semoga pemimpin kedepan bisa seperti bahkan melewati pak Jokowi dalam hal kinerja. Semuanya beneran di bangun mulai dari sektor pertanian, perindustrian, perekonomian, infrastruktur, dan bahkan kedaulatan bangsa diwilayah perbatasan,” harap Muhammad Yusran di akun Instagram @mr_uccang.

Sementara seorang warga Pulau Laut Cindy Rahayu di akun @cindybeibe mengaku senang bisa bertemu langsung Menkopolhukam Mahfud MD.

Allhamdulillah tadi bs ketemu pak menteri yg gagah dan bs foto bareng juga, moment emas buat saya dan tmnĀ² saya di Pulau laut ini…Kami sebagai penduduk sini merasa senang dg kedatangan Bapak Menteri..Semoga sehat selalu Bapak dan keluarag….tetap semangat dg tugasĀ² yg sudah Bapak Presiden berikan. Salam dari kami Pulaut, Natuna, Kepri 24 November 2021,” kata Cindy Rahayu di akun @cindybeibe.

https://www.instagram.com/cindybeibe/ (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here