Home Pendidikan Mahasiswa Edukasi Warga tentang Covid-19 Secara Online

Mahasiswa Edukasi Warga tentang Covid-19 Secara Online

1154
0
Warga RT 18 RW 04 Kotabaru Yogyakarta, siap cegah peredaran Covid-19. (Foto:Tyas)

BERNASNEWS.COM – Guna tetap memberikan edukasi kesehatan kepada masyarakat, khususnya mencegah dan memutus rantai peredaran virus Corona (Covid-19), mahasiswa Keperawatan Stikes Bethesda Yakkum Yogyakarta mengadakan Program Pengabdian Masyarakat (PPM) dengan memberikan edukasi tentang Covid-19 secara online.

Hal ini juga sebagai bentuk dukungan program social distancing dan phisical distancing yang masih diberlakukan pemerintah. Salah satu lokasi program edukasi Covid-19 secara online ini dilakukan di wilayah RT 18 RW 04 Kotabaru, Kota Yogyakarta, yang juga sebagai RT Siaga Covid-19 yang dikukuhkan Kamis (16/4/2020) lalu.     

Menurut mahasiswa Keperawatan Stikes Bethesda Yakkum Yogyakarta Nita Dwi Yuliani, pola edukasi Covid-19 secara online dimaksudkan agar pengetahuan, wawasan dan langkah-langkah pencegahan peredaran Covid-19 tetap tersampaikan pada publik secara cepat. Bahkan tanpa bertemu fisik secara langsung, terutama di tengah masyarakat yang tinggal di permukiman padat.

Pemberian edukasi Covid-19 secara online dilakukan mahasiswa Stikes Bethesda kepada warga Kotabaru Yogyakarta, Sabtu (18/4/2020) pagi. Foto : AG Irawan

“Tanpa harus bertemu muka, yang berpotensi berdekatan secara fisik,  tetap bisa berkomunikasi sekaligus menyampaikan pemahaman serta memberi contoh tentang langkah cuci tangan yang benar, sebagai upaya mencegah terinfeksi virus. Juga program kebersihan lingkungan lainnya sebagai upaya pencegahan beragam penyakit,” kata Nita Dwi Yuliani, Sabtu (18/4/2020) siang.     

Dengan pola edukasi online ini, jika ada materi atau pertanyaan dari masyarakat perihal kesehatan, bisa menyampaikannya dengan lebih cepat pula.

Perwakilan Stikes Bethesda Yogyakarta Meirianita S.Kep Ners, menyerahkan sarana pendukung kesehatan kepada warga RT 18 RW 04 Kotabaru, Yogyakarta, Sabtu (18/4/2020). Foto : Tyas

Salah satu warga RT 18 RW 04 Sugeng Hermanto atau biasa disapa Abeng mengatakan, pola edukasi pencegahan Covid-19 secara online ini sangat bermanfaat dan menambah pengetahuan. Lewat online, lebih mudah mengetahui tentang kesehatan dan pencegahan covid19. “Kita jadi lebih giat lagi dalam menjaga kesehatan masing-masing,” kata Abeng.

Ketua RT 18 RW 04 Suprihartono juga mendukung dan mengapresiasi pola edukasi covid-19 secara online ini. “Warga terutama bapak-bapak dan ibu-ibu juga remaja bisa menerima dengan baik. Tapi, untuk manula tidak bisa mengakses dikarenakan keterbatasan kemampuan menggunakan alat komunikasi media online,” ungkapnya.

Sejumlah sarana edukasi pendukung kesehatan masyarkat yang sudah ada, seperti masker, sarana cuci tangan, poster edukasi covid-19, diharapkan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kesehatan. (AG.Irawan, penulis lepas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here