Home Pendidikan Mahasiswa Sosialisasikan Upaya Pencegahan Covid-19 di Area Lokalisasi

Mahasiswa Sosialisasikan Upaya Pencegahan Covid-19 di Area Lokalisasi

600
0
Aan Munandar, Mahasiswa Jurusan Teknik Geofisika Fakultas Teknologi Mineral UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY), melakukan sosialisasi upaya pencegahan Covid-19 bersama Sekolah Rakyat Serdadu Kumbang di daerah lokalisasi, Sosromenduran, Kamis (9/7/2020). Foto : Istimewa

BERNASNEWS.COM – Aan Munandar, Mahasiswa Jurusan Teknik Geofisika Fakultas Teknologi Mineral UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY), melakukan sosialisasi upaya pencegahan Covid-19 bersama Sekolah Rakyat Serdadu Kumbang di daerah lokalisasi, Sosromenduran, Kamis (9/7/2020).

Menurut Aan Munandar, seperti dikutip Markus Kusnardijanto S.Sos, Kasubag Humas dan Kerjasama UPNVY, di tengah kasus positif virus Corona yang tak kunjung menunjukkan penurunan, anak-anak yang tergabung dalam Sekolah Rakyat Serdadu Kumbang ternyat tetap semangat mengikuti kegiatan pembelajaran yang dilakukan di salah satu rumah warga di Desa Sosromenduran. Sekolah Rakyat Serdadu Kumbang merupakan forum pendidikan non-formal yang fokus pada pendidikan karakter anak di wilayah Kota Yogyakarta, khususnya di daerah Sosromenduran.

Sekolah Rakyat Serdadu Kumbang merupakan komunitas yang dibentuk oleh mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) yang pada dasarnya dilandasi oleh jiwa kepedulian mahasiswa atas pemenuhan hak anak khususnya di daerah Yogyakarta tepatnya di daerah Sosromenduran.

“Pada awal pembentukan Sekolah Rakyat hanya dilakukan di satu tempat, namun sekarang Sekolah Rakyat Serdadu Kumbang memiliki 2 cabang tempat kegiatan, yaitu di Desa Sosromenduran dan Desa Pringgokusuman. Komunitas Sekolah Rakyat Serdadu Kumbang terdiri dari para relawan pengajar yang didominasi dari Kampus UPN “Veteran” Yogyakarta dan beberapa kampus di Yogyakarta,” kata Aan.

Mahasiswa Jurusan Teknik Geofisika ini menambahkan, pada Kamis (9/7/2020), Sekolah Rakyat Serdadu Kumbang bekerjasama dengan Forum Anak Kota Yogyakarta melakukan pembelajaran bersama anak-anak mengenai Sosialisasi Pencegahan Virus Corona.

Kegiatan diawali dengan perkenalan dari Forum Anak Kota Yogyakarta yang diikuti dengan ice breaking melakukan gerakan Hak Anak yaitu hidup, tumbuh kembang, perlindungan, dan partisipasi. Kegiatan yaitu kegiatan utama berupa Sosialisasi Pencegahan Virus Corona yang berisi pengenalan apa itu Virus Corona, cara penyebaran, dan cara menjaga kebersihan terutama tata cara cuci tangan. Kegiatan diakhiri dengan tanya jawab berhadiah untuk anak-anak yang berani dan benar dalam menjawab pertanyaan.

Pada kesempatan yang sama Dominicus Rastradewa yang merupakan Ketua Komunitas Sekolah Rakyat Serdadu Kumbang dari Jurusan Teknik Geofisika angkatan 2018 menyatakan Forum Anak Kota Yogyakarta melakukan kegiatan yang sangat baik, karena di tengah pandemi banyak anak yang tidak memiliki kegiatan untuk waktu luang, sehingga fokus anak-anak justru cenderung bermain gawai, oleh sebab itu kegiatan ini dapat mengisi waktu luang anak-anak daerah Sosromenduran

Ia juga berharap kegiatan seperti ini dapat dilakukan secara rutin walaupun berada di tengah pandemi, yang penting sesuai dengan protokol kesehatan yang telah dihimbau oleh pemerintah, karena kegiatan ini sangat bermanfaat bagi anak-anak dibandingkan hanya mengisi waktu luang dengan kegiatan yang dinilai kurang bermanfaat. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here