Home News Mahasiswa Sekarang Tak Melulu Urusan Kuliah, Pesta dan Cinta

Mahasiswa Sekarang Tak Melulu Urusan Kuliah, Pesta dan Cinta

1067
0
Romo Ferdinandus Effendi Sunur SJ Ph.D. Foto : Istimewa

BERNASNEWS.COM – Mahasiswa di era Revolusi 4.0 ini harus mempunyai cara pandang yang berbeda. Dunia kampus tidak lagi diwarnai dengan melulu kuliah, pesta dan cinta. Jadi mahasiswa sekarang harus mempunyai kepedulian pada masyarakat dan lingkungan sekitar dan paham akan tantangan-tantangan hidup yang semakin kompleks.

Dengan demikian, para mahasiswa bisa survive. Mereka dapat meraih kesuksesan dalam studi, peka pada dinamika masyarakat dan menjadi orang muda yang berkarakter. Mereka juga siap memasuki dunia kerja, bahkan menciptakan lapangan kerja dan memberi pekerjaan pada orang lain.

Forum Gaudium et Spes (Forges) dan Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) ingin menggugah para mahasiswa untuk mempunyai kesadaran baru menjalani kehidupan kampus, menjalani kehidupan orang muda dan menjalani kehidupan sebagai warga negara.

Yustinus Prastowo. Foto : Dok Pribadi

Sebagai warga kampus, tentunya ada karakter-karakter yang perlu dipahami oleh para mahasiswa. Selain rajin kuliah dan memperdalam ilmu dengan rajin  belajar, para mahasiswa perlu memperluas pergaulan, baik di internal kampus maupun di luar kampus. Di luar kampus bergaul dengan rekan-rekan mahasiswa dari perguruan tinggai lain, berjejaring berdasarkan kesamaan minat dan perhatian.

Sebagai orang muda,  yang kelak akan memasuki dunia kerja, dunia yang riil, maka selama belajar di kampus, para mahasiswa perlu juga mempersiapkan diri dengan kemampuan berwirausaha. Sehingga kelak, atau selama masih kuliah pun para mahasiswa ini sudah bisa mandiri secara ekonomi.

Sebagai warga negara, para mahasiswa perlu mendapat asupan ‘gizi’ bagaimana menjadi warga negara yang baik. Bermanfaat untuk dirinya sendiri, keluarga dan masyarakat yang lebih luas. Mencintai tanah air dan siap membaktikan dirinya untuk kesejahteraan masyarakat.

3. DR Bernardus Suliantoro M.Hum. Foto : Dok Pribadi

Forges Yogyakarta dan Unika Atma Jaya Yogyakarta mengadakan Kuliah Umum dengan topik “Yang Muda, Entrepreneur dan Pancasilais”. Kuliah Umum yang diharapkan diikuti para mahasiswa, baik dari Unika Atma Jaya Yogyakarta dan Perguruan Tinggi lain di DIY ini akan dgelar di Ruang Seminar Lantai 2 Gedung Bonaventura, Fakultas Bisnis dan Ekonomika, Kampus 3 Unika Atma Jaya Yogyakarta, Jalan Babarsari 43 Yogyakarta Sabtu (22/2/2020) pukul 09.00-12.00 WIB.    

Kuliah Umum akan diberikan oleh Romo Ferdinandus Effendi Sunur SJ Ph.D, seorang Imam Jesuit lulusan Amerika, yang saat ini bertugas sebagai Kepala Pusat Pastoral Mahasiswa Kevikepan DIY. Rm Effendi akan membekali para mahasiswa dengan kemampuan mengembangkan diri dan jaringan baik internal kampus dan luar kampus.    

Narasumber kedua adalah Yustinus Prastowo, Direktur Eksekutif CITA (Centre of Indonesia Taxation Analysis), Jakarta. Yustinus Prastowo akan membekali mahasiswa dengan karakter-karakter yang dibutuhkan untuk sukses dalam studi, kewirausahaan sekaligus sebagai warga negara yang hidup di era milenial ini. Kuliah Umum akan dipandu oleh DR Bernardus Wibowo Suliantoro M.Hum, Dosen Pancasila di Unika Atma Jaya Yogyakarta. (Anton Sumarjana, SC Panitia Kuliah Umum “Yang Muda, Entrepreneur dan Pancasilais)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here