Home Pendidikan Mahasiswa Prodi Manajemen STIE Mitra Indonesia Mengikuti Pelatihan Jurnalistik

Mahasiswa Prodi Manajemen STIE Mitra Indonesia Mengikuti Pelatihan Jurnalistik

174
0
Para mahasiswa/i Program Studi (Prodi) Manajemen, Fakultas Ekonomi STIE Mitra Indonesia Yogyakarta mengikuti pelatihan jurnalistik, pada hari Minggu, 24 Oktober 2021. Foto: tangkapan layar meeting zoom

BERNASNEWS.COM – Para mahasiswa Program Studi (Prodi) Manajemen, Fakultas Ekonomi STIE Mitra Indonesia Yogyakarta mengikuti pelatihan jurnalistik, pada hari Minggu, 24 Oktober 2021, mulai 16.00 WIB. Pelatihan secara online menggunakan aplikasi zoom meeting itu menghadirkan narasumber Philipus Jehamun, wartawan senior yang sudah 30 tahun menekuni profesi wartawan.

Dalam pelatihan ini, para mahasiswa dan mahasiswi peserta pelatihan sangat antusias mengikuti pelatihan yang berlangsung sekitar satu jam itu. Philipus Jehamun sebagai narasumber memaparkan materi pelatihan dengan cukup jelas dan menarik. Ia bercerita tentang pengalaman sebagai seorang wartawan di kota Yogyakarta kurang lebih 30 tahun.

Dalam materi pelatihan yang disampaikan, ia menjelaskan tentang dasar-dasar jurnalistik, mulai dari apa itu berita, unsur-unsur berita, nilai-nilai dan sifat berita serta kriteria fakta yang bisa menjadi berita sampai pada struktur penulisan berita. Pada bagian akhir pelatihan, ia membuka sesi tanya jawab.

Para peserta pun dengan antusias menyampaikan pertanyaan. Sedikitnya lima orang mahasiswa dan mahasiswi yang sangat berperan aktif menyampaikan pertanyaan, seperti Peotronela, Dorka Natalia, Arlan Praing, Mufita dan Lasma Panjaitan. Mereka bertanya seputar meteri pelatihan, pengalaman pribadi narasumber selama menjalankan profesi wartawan, kendala yang dihadapi dalam melakukan peliputan, cara mendapatkan informasi, cara pengiriman tulisan hasil lipiutan hingga bisa dipublikasikan.

Meski pelatihan berlangsung cukup singkat hanya 1 jam, namun sangat berkesan bagi peserta. Karena banyak ilmu dan pengetahuan baru yang didapatkan dari pelatihan ini. Para mahasiswa dan mahasiswi dari STIE Mitra Indonesia sangat berterima kasih kepada Bapak Philipus yang sudah meluangkan waktu dan berbagi ilmunya. Para mahasiswa/i juga berterima kasih kepada Bapak Ben Senang Galus atas dukungannya sehingga pelatihan dasar jurnalistik sore hari ini bisa terlaksana.


Para mahasiswa dan mahasiswi berharap ke depan kegiatan seperti ini bisa diadakan lagi karena bisa membangkitkan minat dan bakat mahasiswa di bidang jurnalistik sekaligus mendorong mahasisw/i STIE Mitra Indonesia untuk mengisi waktu libur dengan kegiatan yang produktif. (Lasmaruba Oktaviani Panjaitan, salah satu peserta pelatihan/mahasiswi Prodi Manajemen FE STIE Mitra Indonesia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here