Tuesday, June 28, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsMahasiswa di Yogyakarta Diajak Menjaga Nilai Pancasila

Mahasiswa di Yogyakarta Diajak Menjaga Nilai Pancasila

bernasnews.com – Di tengah era disrupsi teknologi, menjaga nilai Pancasila adalah suatu keharusan. Beragam cara bisa dilakukan untuk menjaga nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat maupun bernegara.

Dalam hal ini, mahasiswa di Yogyakarta diajak untuk tetap menjaga dan memahami ideologi Pancasila yang diciptakan sedemikian rupa para founding fathers di masa lampau.

Rektor Universitas PGRI Yogyakarta, Paiman mengatakan bahwa pemahaman tentang Pancasila maupun konstitusi diperlukan di era saat ini. Melalui seminar yang turut mengundang pakar salah satunya Hakim Konstitusi, Arief Hidayat, ia berharap pemahaman para mahasiswa semakin berkembang.

“Semoga mahasiswa bisa memamhami tentang konstitusi di Indonesia. Sesuai mars MK yang menyoroti keadilan diharapkan betul-betul didapatkan seluruh warga,” katanya pada Jumat (27/5/2022).

Sebelumnya, UPY menggelar Seminar Nasional bertajuk ‘Ideologi Pancasila dan Tantangannya di Era Disrupsi Teknologi’. Hadir pula menjadi pembicara Sigit Handoko, Dosen PPKn FKIP UPY.

Arief Hidayat mengatakan bahwa rumusan Pancasila yang dicetuskan oleh founding fathers disebutnya sudah sangat sesuai dengan jati diri bangsa. Sebagai salah satu negara dengan mayoritas penduduk beragama islam, terdiri dari mayoritas suku namun tetap bisa merangkum seluruhnya.

“Ada 3 negara yang bisa kita sandingkan mayoritas muslim Turki, Pakistan, Indonesia. Konsepsi ideologi negara berbeda. Di Turki memisahkan antara negara dan agama. Kemudian Pakistan mayoritas muslim mengintegralkan agama islam dan bernegara. Indonesia mayoritas muslim, founding father mayoritas muslim orang Jawa, tetapi mereka perwujudan Indonesia kecil. Meski mayoritas islam dan orang Jawa, tapi ada yang beragama non muslim keyakinan asli Indonesia ada ada banyak suku-suku begitu juga ras,” katanya.

“Kita bisa bayangkan bagaimana perdebatan ketika akan menelurkan Indonesia yang kita bangun akan seperti apa. Founding fathers sepakat menjadikan Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara yang bisa mempersatukan Indonesia yang heterogen dari semua aspek,” katanya.

Untuk itu, ia berharap di era saat ini, semangat dan kultur, keteladanan maupun perilaku para pendiri bangsa bisa menjadi teladan.

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments