Monday, June 27, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsMahasiswa di Jogja Andil dalam Pelestarian Penyu

Mahasiswa di Jogja Andil dalam Pelestarian Penyu

bernasnews.com – Sejumlah pelajar yang tergabung dalam Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Widya Mataram (MAPAWIMA) melakukan konservasi satwa lingkungan. Kali ini, kelompok mahasiswa Jogja tersebut turut andil dalam pelestarian penyu di Dusun Patihan, Gadingsari, Kecamatan (Kapanewon) Sanden, Kabupaten Bantul, Pantai Goa Cemara.

Instansi BKSDA Yogyakarta selaku pengarah tempat Konservasi Penangkaran Penyu di  menyebut bahwa kegiatan konservasi ini akan berfokus pada pelestarian penyu. Apalagi ekosistem terutama penyu lekang disebut terancam punah.

“Kami lakukan dengan tujuan ikut andil serta berperan aktif dalam melestarikan ekosistem penyu kekang yang keberadaannya sangat dilindungi karena populasi penyu lekang yang terus berkurang dan terancam punah,” sebut mereka di Yogyakarta, Selasa (31/5/2022).

Mereka lantas bekerja sama dengan pihak pengelola penangkaran penyu untuk melakukan perawatan dan pemeliharaan penyu. Pihak pengelola melakukan rangkaian pemindahkan telur penyu yang tersebar di pesisir pantai lalu dipindahkan ke dalam penangkaran agar tidak terjadinya pencurian telur penyu dan perputaran uang dalam konservasi satwa dan biasanya kegiatan tersebut dilakukan saat malam hari.

Salah satu pihak pengelola Yatiman mengatakan bahwa pengunjung atau seseorang yang menemukan telur penyu diharapkan segera melapor dan mengembalikannya.

“Bagi pengunjung atau warga sekitar dapat mengembalikan telur penyu ataupun tukik (penyu yang baru menetas) yang mungkin secara tidak sengaja ditemukan untuk diserahkan kepihak pengelola penangkaran penyu dan dihimbau untuk tidak memperjual belikan telur yang telah ditemukan,” kata Yatiman.

Lebih lanjut, pihak BKSDA Yogyakarta juga menghimbau kepada seluruh mahasiswa atau masyarakat untuk ikut berperan dalam pelestarian penyu. Peran tersebut bisa dilakukan dengan cara berkampanye melalui akun sosial media tentang pentingnya menjaga ekosistem penyu mengimbau untuk tidak membuang sampah sembarangan di pesisir pantai atau ke laut dan sebagainya.

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments