Home Pendidikan Mahasiswa Beradu Argumen dalam Debat Merawat Kebhinekaan di UWM

Mahasiswa Beradu Argumen dalam Debat Merawat Kebhinekaan di UWM

96
0
Koordinator pelaksanaan debat Elza Qorina Pangestika, SH, MH foto bersama dengan para panitia Kompetisi Debat Mahasiswa, di Pendapa Agung, Kampus UWM, nDalem Mangkubumen, Yogyakarta. Foto: Dok. Humas UWM.

BERNASNEWS.COM — Sejumlah tim debat mahasiswa perwakilan dari beberapa kampus di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Selasa (8/10/2019), mengikuti Kompetisi Debat Mahasiswa yang digelar oleh Universitas Widya Mataram (UWM), di Pendapa Agung Kampus UWM, nDalem Mangkubumen, Yogyakarta.

Ajang debat diselenggarakan dalam rangkaian Dies Natalis Ke 37 UWM, diikuti oleh beberapa Perguruan Tinggi (PT) di DIY. Diantaranya, Universitas PGRI Yogyakarta (UPY), Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN Suka), Universitas Jenderal Ahmad Yani (UNJANI), Universitas Janabadra dan Universitas Widya Mataram (UWM).

Koordinator pelaksanaan debat Elza Qorina Pangestika, SH, MH, mengatakan, debat digelar dengan tema ”Peran Pendidikan Berbasis Budaya dalam Merawat Kebhinekaan”. Acara pembukaan dan technical meeting Kompetisi Desa Mahasiswa ini telah dilaksanakan sehari sebelumnya, Senin (7/10/2019), di Ruang Soekarno Nehru, UWM Yogyakarta.

Budaya karena UWM adalah kampus yang berbasis budaya, dan kebhinekaan karena Bhineka Tunggal Ika adalah semboyan bangsa Indonesia yang tertulis pada lambang negara Indonesia.

Dalam babak penyisihan masing-masing tim yang berdebat disuguhkan dengan mosi perdebatan yang merupakan derivasi dari tema debat. Dewan juri yang dihadirkan diantaranya Dr. Drs. Asmartadani Noor, MA (Dosen Fisipol UWM), Dr. Jumadi, SE, MM (Dosen Fakultas Ekonomi/ Wakil Rektor III UWM) dan Dr. Murdoko, SH, MH (Dosen Fakultas Hukum UWM).

Sementara moderator debat yang dihadirkan dalam kompetisi ini diantaranya adalah, Fuad, S.H, MH, M.Kn, Desy Ayu Krisna Murti, ST, MSc., Nisfatul Izzah, SE, MA, Muhammad Fikri Alan, SH, MH, Bhenu Artha, SE, MM, Tommy Satriadi Nur Arifin, SI.Kom, MA, dan Ardhi Khairi, SE, MBA.

“Pada tahap penyisihan ini tim yang berhasil lolos ke babak perempat final diantaranya adalah tim mahasiswa UPY, UAD tim A, Universitas Janabadra, UNJANI tim B, Prodi Manajemen UWM, Prodi Ilmu Hukum Tim A UWM, dan Prodi Ilmu Administrasi Negara UWM,” pungkas Elza. (nun/ ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here