Home News MAGE 5 ITS Surabaya: Tim AMCC Universitas Amikom Yogyakarta Mendominasi Final dan...

MAGE 5 ITS Surabaya: Tim AMCC Universitas Amikom Yogyakarta Mendominasi Final dan Juara

394
0
Tim AMCC Universitas Amikom Yogyakarta wakil peserta MAGE 5 ITS, Kiri ke kanan ,Lucky Adhikrisna Wirasakti, Anita Nur Sari, Adhellia Laras Tri Hastuti. (foto. Dok. Humas Amikom)

BERNASNEWS.COM — Lima tim dari perwakilan masing-masing universitas se-Indonesia berkumpul untuk mengikuti Awarding Night lomba MAGE 5 (Multimedia And Game Event) Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Minggu (17/11/2019), di Balai Pemuda Kota Surabaya, Jawa Timur. Kegiatan ini diselenggarakan setiap tahunnya oleh Mahasiswa Fakultas Teknik Elektro, Himpunan, dan Badan Eksekutif Mahasiswa ITS.

MAGE 5 ITS merupakan salah satu program rutin Teknik elektro ITS yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa bidang Information Technology (IT) dengan menyediakan berbagai cabang perlombaan, salah satunya Innovative App Competition yang diikuti oleh tim Amikom Computer Club (AMCC) selaku perwakilan Universitas Amikom Yogyakarta.

Seperti tahun-tahun sebelumnya,  MAGE 5 ITS selalu menarik perhatian mahasiswa yang memiliki ketertarikan dunia IT di seluruh Indonesia. Pasalnya MAGE 5 ITS sendiri merupakan salah satu ajang perlombaan IT dan paling bergengsi di Indonesia untuk kalangan mahasiswa, hingga saat ini menjadi tahun ke lima, untuk MAGE 5 ITS sendiri .

“Tahun ini cabang Innovative App Competition mengusung tema “Raising a New World of Game and Technology Beyond Imagination”  dan diikuti lebih dari 100 tim dari berbagi universitas se-Indonesia. Namun yang berhak masuk ke tahap final hanya lima tim, Universitas Amikom mengirimkan satu tim yang diwakili oleh tim dari AMCC,” terang Kepala Humas Amikom Erick Hadi Saputra,S.Kom, M.Eng.

Imbuh Erick, dari kegiatan ini kita bisa melihat bahwa ide yang digagas para mahasiswa memang sangat inovatif dan beragam, khususnya dalam industri teknologi yang juga menjadi salah satu keunggulan dari mahasiswa Universitas Amikom Yogyakarta.

Para pemenang Lomba MAGE 5 ITS berfoto bersama. (Foto: Dok. Humas Amikom)

Universitas Amikom Yogyakarta diwakili dari tim AMCC-Go-School yang beranggotakan Anita Nur Sari (Project Manager) dari program studi D3 Manajemen Informatika, Lucky Adhikrisna Wirasakti (Web Developer) dari program studi S1 Informatika, dan Adhellia Laras Tri Hastuti (Mobile Developer) dari program Studi D3 Manajemen Informatika berhasil masuk ke tahap final setelah menyisihkan lebih dari 100 tim dari berbagai universitas di seluruh Indonesia.

“Pada Awarding Night MAGE 5 ITS tahun ini, tim AMCC-Go-School meraih juara kedua pada lomba Innovative App Competition untuk kategori Application Mahasiswa dengan membuat sebuah aplikasi Transportation untuk antar jemput anak ke sekolah bernama Go-School,” ungkapnya.

Go-School merupakan jenis Aplikasi Software as a Transportation yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas, keamanan, dan kecepatan dalam pendidikan di Indonesia. Go-School menurutnya, akan mempermudah orang tua dalam tugas antar jemput anak ke sekolah dan memudahkan anak sampai ke sekolah tepat waktu, aman, dan pastinya nyaman.

“Dengan begitu Go-School diharapkan dapat membantu orangtua, siswa, maupun sekolah dalam hal pendidikan yang lebih efektif dan efisien di Indonesia,” ujar Erick.

Sesuai dengan slogannya “Creative Economy Park”, Kepala Humas Amikom ini berharap kedepannya akan semakin banyak inovator muda yang lahir dari Universitas Amikom Yogyakarta untuk menyumbangkan pelaku-pelaku industri kreatif di Yogyakarta bahkan Indonesia, khususnya pada sektor industri teknologi.

Sementara Dekan Fakultas Ilmu Komputer Krisnawati memberikan apresiasinya kepada tim dan mengatakan, kemampuan programming mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer yang bergabung dengan AMCC memang sangat berkembang pesat, tidak hanya sekedar belajar dari apa yang diperoleh di bangku perkuliahan tetapi juga melakukan pengembangan mandiri melalui event-event perlombaan nasional maupun internasional.

“Ini sejalan dengan visi misi Fakultas Ilmu Komputer yakni menjadi fakultas unggulan bidang Information and Communication Technologies (ICT) yang berbasis entrepreneur dan ekonomi kreatif,” tegas Krisnawati. (nun/ ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here