Home News Maestro Tata Rias Pengantin Tienuk Riefki Meninggal Dunia

Maestro Tata Rias Pengantin Tienuk Riefki Meninggal Dunia

2350
0
Hj. Tienuk Tien Rahayu Riefki. (Foto: Istimewa)

BERNASNEWS.COM — Maestro Tata Rias Pengantin Gaya Yogyakarta dan Penasehat Dewan Pimpinan Daerah (DPD) HARPI MELATI Daerah Istimewa Yogyakarta Hj. Tienuk Riefki, Sabtu (14/9/2019), Pukul 00:45 WIB meninggal dunia, di Rumah Sakit Dr. Sardjito, Yogyakarta. Almarhumah Tienuk Riefky meninggal dikarenakan sakit dan telah beberapa hari menjalani perawatan opname di rumah sakit tersebut.

Larastiti seorang Perias Pengantin di Yogyakarta ketika dihubungi untuk dikonfirmasi oleh Bernasnews.com, membenarkan berita duka atas meninggalnya Hj. Tienuk Riefki yang diunggah pada halaman facebook (FB) yang dimiikinya.

“Berita tersebut betul dan telah beredar di grup para perias di Yogyakarta. Jenazah kini disemayamkan di rumah duka Sanggar Rias Titisari, Jalan KS Tubun 33, Yogyakarta. Dan rencana dimakamkan hari ini pukul 13:30 WIB ke pemakaman keluarga di Magelang. Almarhumah berputra tiga” terang Larastiti.

Larastiti yang hari-hari terakhir berkesempatan mengikuti kegiatan Almarhumah menambahkan, sebelum opname di rumah sakit, Tienuk Riefki yang mendapat julukan sebagai maestro perias pengantin ini masih menyempatkan menjadi nara sumber dalam acara Pagelaran Upacara Adat Pengantin Gaya Yogyakarta, Acara Tarapan, Acara Tedak Siten, dan Acara Tingkeban yang diselenggarakan oleh DPD HARPI MELATI Jawa Tengah, di Semarang.

Selain pernah sebagai Ketua DPD HARPI MELATI DIY dan sebagai pembina maupun penasehat perias pengantin, Hj. Tienuk Riefki sebagai seorang perias pengantin mendapat kepercayaan oleh Kraton Yogyakarta dan sempat mendapatkan gelar Kanjeng Rio Temenggung (KRT). Juga beberapa kali mendapatkan kepercayaan merias putra-putri Presiden ke 2 RI Soeharto.

“Ibu Tienuk Riefki sebagai seorang perias pengantin sungguh sangat profesional dan setia menjaga kelestarian Tata Rias Pengantin (TRP) Jawa, baik TRP Gaya Yogyakarta maupun TRP Gaya Surakarta. Pesan bu Tienuk karena semua itu adalah tinggalan leluhur jadi harus dijaga pakem dan kelestariannya,” ujar Larastiti.

Hj. Tienuk Riefky atau nama lengkapnya Hj Tienuk Tien Rahayu Riefki meskipun sebagai perias pengantin telah terkenal secara nasional bahkan internasional namun terhadap para perias pengantin yunior atau pemula selalu membimbing dan menjadi tempat konsultasi, serta selalu memberikan semangat agar maju dan menjadi perias pengantin yang profesional. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here