Home News LPHD Berau Kaltim Berkunjung ke Demplot dan Destilasi Atsiri di Kebosungu 1...

LPHD Berau Kaltim Berkunjung ke Demplot dan Destilasi Atsiri di Kebosungu 1 Dlingo

466
0
Rombongan Lembaga Pengelola Hutan Desa (LPHD ) yang diketuai Muhammad Andri dari Berau Kalimantan Timur foto bersama saat berkunjung ke Demplot dan Destilasi Atsiri di Kebosungu 1 Dlingo, Kecamatan Dlingo Bantul, Minggu pagi 14 Maret 2021. Foto : kiriman Herman Setiawan

BERNASNEWS.COM – Rombongan Lembaga Pengelola Hutan Desa (LPHD ) yang diketuai Muhammad Andri dari Berau Kalimantan Timur berkunjung ke Demplot dan Destilasi Atsiri di Kebosungu 1 Dlingo, Kecamatan Dlingo Bantul, setelah mendarat di bandara YIA Kulon Progo, DIY pada Minggu pagi 14 Maret 2021.

Rombongan yang menumpang 1 bus itu disambut langsung Sunaryanto sebagai salah satu inisiator berdirinya Kelompok Gapoktan Karya Sejati yang diresmikan oleh Bupati Bantul saat itu, Drs Suharsono, akhir 2020. Sunaryanto berharap dengan banyaknya kunjungan dari pelbagai wilayah bisa makin memajukan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) dan UMKM yang ada. Dan ke depan sarana prasarana yang ada bisa lebih lengkap dan memadai.

Fasis Mangku Wibowo S.Hut salah satu inisiator Gapoktan memaparkan proses penanaman dan pembibitan Atsiri di lahan kritis (lahan batu yang mengandung sedikit tanah) Dlingo yang perlu penyesuaian dengan kecocokan tanaman yang sanggup hidup dan bertahan di lahan tersebut seperti Sere, Nilam dan Kayu Putih.Tanaman tersebut dipilih karena sebagai tanaman yang cocok dil ahan kritis, tidak memerlukan perawatan khusus dan waktu panen yang relatif pendek.

(Dari kiri ke kanan) : Abdul Muis Pengawas Kehutanan Kaltim, K Herman S (Korwil WRC DIY) dan Tomas Kebosungu 1 Dlingo. Foto : kiriman Herman Setiawan

Surip S.Hut MP, inisiator lainnya, memaparkan analisis perekonomian dan keuntungan penanaman, pembibitan, dan penyulingan minyak Atsiri (Kumpulan Nama Daun yang bisa menghasilkan minyak) yang bisa meningkatkan perekonomian masyarakat.

K Herman Setiawan selaku Koordinator Watch Relation of Corruption DIY menyampaikan bahwa selain bergerak dalam upaya pencegahan tindak pidana Korupsi, WRC DIY juga senantiasa membantu mengawal usulan pembangunan kawasan. Dan lokasi Demplot Pertamanan Atsari Dlingo Bantul merupakan kawasan potensial untuk dikembangkan sebagai kawasan wisata Atsari dengan pengadaan jalan yang lebih bagus menuju lokasi bagi pengunjung.

Selain itu, pengadaan penerangan jalan, pelatihan pengolahan lahan batu menjadi lahan subur, penanda-penanda lokasi wisata yang memiliki pemandangan alam yang lua rbiasa, pengadaan SPAH Segoro Amarto sebagai peresapan dan penyimpanan air hujan sehingga meminimalkan kekurangan air saat kemarau serta penambahan sarana prasarana publikasi saat penerimaan kunjungan. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here