Tuesday, May 24, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeLong Bumbung Permainan Ikonik Pengganti Petasan, Kekinian Suara Letusannya Jarang Terdengar

Long Bumbung Permainan Ikonik Pengganti Petasan, Kekinian Suara Letusannya Jarang Terdengar

bernasnews.com – Ada sebagian masyarakat yang merasa bulan Ramadhan nggak afdol jika tidak terdengar suara petasan, meskipun sudah sering terjadi kasus kecelakaan atau kebakaran lantaran petasan yang meledak namun tidak bikin jera juga terbukti masih ada yang bikin maupun jual petasan.

Sementara bagi anak-anak kampung dan pedesaan beli petasan adalah sebuah kemewahan, baginya uang jajan lebih baik dibelanjakan untuk beli panganan atau beli sebuah mainan yang awet. Sebagai pengganti petasan, mereka memainkan Long Bumbung yang suara letusannya tidak kalah dahsyat dibandingkan petasan.

Makna Long Bumbung sendiri adalah dari kata Long yang berarti petasan atau mercon, Bumbung adalah sebuah ruas bambu dalam bahasa Jawa. Permainan tradisional ini telah ada sejak dulu turun tumurun dari generasi ke generasi, sepertinya keberadaannya juga merata di seluruh daerah di Indonesia walau nama sebutan yang berbeda.

Cara membuatnya pun cukup mudah, ambil ruas bambu petung (Dendrocalamus asper) ukuran berkisar 1,5 meter. Dipilih bambu jenis petung lantaran paling kuat dan biasa dipakai untuk membuat rangka rumah jaman dahulunya. Buku-buku atau ruas di dalam bambu dibersihkan dan sisakan ruas yang ada di pangkal.

Dari ruas pangkal sekitar 10 – 15 Centimeter sisi bambu dilobangi dengan ukuran kira-kira sebesar uang koin seratus rupiah. Sebagai pengaman setiap ruas bambu dapat diikat dengan kawat atau tali. Kemudian bambu yang telah siap menjadi Long Bumbung ini dipasang ala sebuah meriam, dengan moncong posisi miring ke atas. Kemudian melalui lubang yang ada di pangkalnya itu diisi minyak tanah atau lenga patra orang Jawa menyebutnya.

Cara memainkan minyak tanah yang ada di dalam pangkal Long Bumbung itu dipanaskan terlebih dahulu, dengan cara bawah bambu pangkal diberi bara api. Setelah minyak tanah menjadi uap, Long Bumbung tinggal disulut lobangnya dengan stik yang ujungnya ada apinya. Seperti menyulut sebuah meriam. Dhuaar…suara letusan seperti meriam tak kalah dahsyatnya dengan suara petasan.

Long Bumbung dapat dimainkan/ diletuskan berkali-kali, minyak tanah yang ada di dalam semakin panas maka letusannya pun akan semakin keras. Seperti halnya petasan, permainan tradisional yang ikonik di bulan Ramadhan ini tentu juga harus hati-hati karena terkait dengan nyala api dan minyak tanah. Kekinian Long Bumbung juga semakin langka dimainkan, bahkan anak-anak sekarang pun banyak yang tidak tahu permainan ini. (ted)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments