Tuesday, May 24, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomePendidikanLokakarya Pengembangan Kurikulum MBKM: FBE UAJY Menuju Akreditasi Internasional

Lokakarya Pengembangan Kurikulum MBKM: FBE UAJY Menuju Akreditasi Internasional

bernasnews.com – Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Atma Jaya Yogyakarta (FBE UAJY) menyelenggarakan lokakarya Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan menuju Akreditasi Internasional Accreditation Council for Business Schools and Programs (ACBSP), Senin, 18 April 2022, di Kaliurang, Kabupaten Sleman, DIY.

“Lokakarya tersebut dihadiri oleh Pengurus FBE UAJY diantaranya, Dekanat, Departemen, Program Studi dan Tata Usaha serta Tim Kurikulum MBKM,” jelas Humas FBE UAJY Agnes Gracia, dalam rilis yang dikirim, Rabu (20/4/2022).

Wakil Dekan 1 FBE UAJY, D. Agus Budi Raharjono mengungkapkan, bahwa Prodi Sarjana Prodi Akuntansi, Ekonomi Pembangunan dan Manajemen FBE UAJY dalam proses menyelesaikan Kurikulum MBKM. Kurikulum MBKM akan diterapkan mulai Semester Gasal Tahun Akademik 2022/2023.

“Terkait penyelesaian kurikulum ketiga tersebut Prodi juga melakukan sinkronisasi agar dimungkinkan dapat mengambil matakuliah antar Prodi di FBE UAJY,” kata dia.

Menurut Agus Budi Raharjo, pihaknya telah memberikan apresiasi kepada Tim Kurikulum MBKM yang telah bekerja keras untuk menyelesaikan tugasnya.

Dekan FBE UAJY Budi Suprapto saat memberikan pengarahan seblum acara lokakarya dimulai. Foto: Istimewa

Sementara itu, Dekan FBE UAJY Budi Suprapto mengatakan, FBE UAJY terus berupaya untuk meningkatkan kualitas baik dari sisi infrastruktur dan sumber daya manusia. Peningkatan kualitas tersebut dibarengi dengan evaluasi dan perubahan kurikulum yang mengacu standard nasional dan internasional.

“Berkaitan dengan hak tersebut maka FBE UAJY juga menjadi anggota Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi Manejemen Bisnis daan Akuntansi (LAMEMBA dan ACBSP,” kata dia.

Menurut Budi Suprapto, dengan menjadi anggota diharapkan ke depan seluruh prodi di FBE UAJY siap mengikuti proses akreditasi di kedua lembaga tersebut. Sampai saat FBE UAJY mempunyai 3 Prodi Sarjana (Akuntansi, Ekonomi Pembangunan dan Manajemen) dan 1 Prodi Magister Manajemen.

“FBE UAJY sedang mempersiapkan pembukaan Program Magister Akuntansi dan Program Doktor Manajemen Bisnis. Nantinya seluruh Prodi di FBE UAJY terwadahi dalam “School of Business” di bawah akreditasi ACBSP,” imbuh dia.

Hal yang senada juga disampaikan oleh Kaprodi Ekonomi Pembangunan FBE UAJY, Y. Sri Susilo mengunkapkan, bahwa seluruh Prodi Sarjana di FBE UAJY semester depan sudah siap menerapkan Kurikulum MBKM. Menurut dia, Tim Kurikulum ketiga Prodi telah bekerja keras untuk menyusun Kurikulum MBKM beserta regulasi yang mendukungnya.
“Kami optimis mampu menyelesaikan dan menerapkan Kurikulum NMBKM sesuai dengan ketentuan,” tandas Susilo. (ted)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments