Home Seni Budaya Lokakarya Pelestarian Cagar Budaya se Jawa Tengah

Lokakarya Pelestarian Cagar Budaya se Jawa Tengah

171
0
Peserta Lokakarya Pelestarian Cagar Budaya se Jawa Tengah yang diselenggarakan oleh BPCB Jateng. (Foto: Istimewa)

BERNASNEWS.COM — Balai Pelestariqn Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah selama empat hari, tanggal 10 – 13 September 2019, melaksanakan kegiatan Lokakarya Pelestarian Cagar Budaya se Jawa Tengah, di Hotel Pandanaran, Simpang Lima, Semarang. Acara tersebut dibuka oleh Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman, serta menghadirkan beberapa narasumber yang berkompeten. Juga dihadiri oleh 28 komunitas penggiat cagar budaya di wilayah Jawa Tengah.

Arkeolog Muda Nur Kesawa yang juga selaku Ketua Komunitas Sanka Heritage, Kamis (12/9/2019), kepada Bernasnews.com, mengatakan, sangat senang karena dapat mengenal dan menjalin kerjasama antar komunitas pelestari cagar budaya di Jawa Tengah untuk berkolaborasi dalam sebuah event bersama untuk memajukan kebudayaan.

 “Kegiatan ini jangan hanya dilakukan sekali, melainlan harus ada tindak lanjut. Yaitu berupa pendampingan komunitas untuk terus melestarikan cagar budaya,” kata Nur Kesawa, yang selama ini telah berdedikasi untuk mempublikasikan hasil penelitian arkeologi melalui gerak (tari) dan suara.

Dalam rencana aksi yang dibuat untuk pelestarian cagar budaya di Jawa Tengah  pada tahun 2020, Nur Kesawa, memaparkan bahwa komunitas Sanka Heritage akan membuat publikasi berupa gerak dan suara berdasar Prasasti Manjusrigrha (Prasasti Candi Sewu) untuk peringatan Abhiseka Candi Sewu. Gerak dan suara tersebut berupa alunan suara dari sebuah instrumen musik yang terinspirasi dari relief alat musik di Candi Sewu, serta membuat sendratari Manjusrigrha.

Sementara Drs. Sukroedi, M.Hum selaku kepala BPCB Jawa Tengah, mengajak seluruh komunitas yang ada di Jawa Tengah agar bersinergi bersama dan berperan aktif dalam kegiatan pelestarian cagar budaya, mengingat wilayah Jawa Tengah memiliki banyak cagar budaya yang tersebar.

Para komunitas yang hadir selain dibekali dengan pengetahuan seputar pelestarian cagar budaya dan membuat rencana aksi untuk pelestarian cagar budaya di wilayah Jawa Tengah. Acara lokakarya diakhiri  dengan mengajak seluruh komunitas membersihkan lingkungan Candi Gedong Songo, serta memberikan sosialisasi tentang pelestarian cagar budaya kepada pengunjung candi tersebut. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here