Home Pendidikan LLDikti Wilayah V: Kampus Harus Siap dengan Kebijakan Baru dari Kementerian

LLDikti Wilayah V: Kampus Harus Siap dengan Kebijakan Baru dari Kementerian

746
0
Rektor Universitas Widya Mataram (UWM) Prof. Dr. Edy Suandi Hamid, M,Ec melantik pejabat struktural di lingkungan UWM, Senin (2/3/2020). Foto: Dok. Humas UWM.

BERNASNEWS.COM — Rektor Universitas Widya Mataram (UWM) Prof Dr Edy Suandi Hamid M Ec melantik pejabat struktural di lingkungan UWM di Pendopo Agung Ndalem Mangkubumen, Yogyakarta, , Senin (2/3/2020). Berdasarkan Surat Keputusan (SK) Rektor UWM telah ditetapkan pengangkatan pejabat struktural Wakil Rektor, Struktural Fakultas, Pelaksana Tugas (Plt) Wakil Dekan I dan II Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, dan pengangkatan Kepala Biro.

Rektor UWM Prof Dr Edy Suandi Hamid MEc sedang memberikan kata sambutan dalam acara pelantikan pejabat struktural di lingkungan UWM, Senin (2/3/2020). Foto: Dok. Humas UWM.

Pelantikan tersebut bersamaan dengan berakhirnya masa ketugasan para pejabat struktural periode 2016-2020. Turut hadir dalam acara pejabat dari LLDiktiI Wilayah V, Pengurus Yayasan Mataram Yogyakarta, mitra kampus dan civitas akademika UWM.

Para Wakil Rektor pada periode sebelumnya yakni Prof Dr Ir Ambar Rukmini MP (Wakil Rektor I), Wuku Astuti SE M.Ak Akt (Wakil Rektor II) dan Dr Jumadi SE MM (Wakil Rektor III). Berdasarkan SK Rektor UWM Nomor: 35/SK/RT-UWM/III/2020 para Wakil Rektor yang dilantik diantaranya Dr. Jumadi, SE., MM sebagai Wakil Rektor I, Drs. Samsul Bakhri, MM sebagai Wakil Rektor II, dan Puji Qomariyah, S.Sos., M.Si sebagai Wakil Rektor III.

Rektor Universitas Widya Mataran (UWM) Prof. Dr. Edy Suandi Hamid, MEc. (Foto: Humas UWM)

Selanjutnya untuk Pejabat Struktural Fakultas di lingkungan UWM, berdasarkan SK Rektor UWM Nomor: 36/SK/RT-UWM/III/2020 menetapkan nama-nama pejabat baru sebagaimana dalam tabel berikut.

Sementara itu di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik berdasarkan SK Rektor UWM Nomor: 37/SK/RT-UWM/III/2020 Sri Lestari Harjanta, S.IP.,M.Si. dilantik sebagai Plt. Wakil Dekan I dan Dyaloka Puspita Ningrum, S.I.Kom., M.I.Kom sebagai Plt. Wakil Dekan II.

Pejabat struktural lainnya yakni Kepala Biro yang berdasarkan SK Rektor UWM Nomor: 38/SK/RT-UWM/III/2020 menetapkan Cahya Purnama Asri, S.E., M.M sebagai Kepala Biro I, Teguh Imam Satiyono, S.H., M.Sc sebagai Kepala Biro II, dan Tommy Satriadi Nur Arifin, S.I.Kom., MA sebagai Kepala Biro III.

Penandatangan nota kesepakatan oleh pejabat baru struktural di lingkungan UWM Yogyakarta. (Foto: Humas UWM)

Dalam sambutannnya, Edy menyampaikan jabatan di Perguruan Tinggi (PT) bersifat sementara saja, sehingga dapat berbalik 180 derajat tanpa memiliki beban psikologis. Mantan ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) itu menekankan agar para pendidik di UWM dapat meningkatkan jabatan fungsional dan kualifikasi pendidikannya.

“Saya berterima kasih, baik kepada pejabat yang dilantik kembali maupun yang tidak, yang telah membantu membangun UWM yang sudah berdiri sejak 1982,” ucap Edy. Dirinya menegaskan bahwa tugas para pejabat struktural yang baru saja dilantik itu berat, karena harus mempertanggungjawabkan di dunia dan akhirat.

Mantan Ketua Forum Rektor Indonesia (FRI) itu mengatakan para pejabat yang dilantik telah memiliki kompetensi, namun dalam melaksanakan pekerjaan harus mampu mambangun kerja tim yang baik untuk dapat mewujudkan cita-cita UWM.

Wakil Ketua Umum Yayasan Mataram Yogyakarta (YMY) Prof. Dr. Ir. Sunyoto, Dipl. HE.DEA menuturkan sebagaimana pernyataan pendiri UWM, maka UWM harus menonjolkan aspek kebudayaan. Hal itu penting mengingat konflik horizontal yang terjadi dilatarbelakangi kemerosotan nilai-nilai budaya.

“Di era 4.0 diperlukan kreativitas, itu yang pertama. Banyak perusahaan virtual menyalip perusahaan konvensional. Kedua, inovasi yakni berbuat terobosan baru. Dengan prodi baru di UWM seharusnya bisa menjadi leading. Ketiga integritas, termasuk didalamnya spirit agar semua berguna bagi bangsa, ” ungkap Sunyoto.

Pengambilan sumpah jabatan oleh pejabat baru di lingkungan UWM Yogyakarta. (Foto: Dok. Humas UWM)

Sementara itu, Bimo Widio Andoko, SH., MH, Sekretaris Pelaksana LLDIKTI Wilayah V menggarisbawahi beberapa hal, diantaranya dibutuhkan pemikiran yang bersifat out of the box. Saat ini, kebijakan yang dikeluarkan oleh kementerian yang baru pada prinsipnya untuk membangun kemandirian.  Kementerian membebaskan PT yang terakreditasi A dan B untuk mendirikan prodi baru dan bekerjasama dengan luar negeri.

Menurut Bimo, kemandirian ini impact-nya besar, kampus harus siap untuk kebijakan yang ada dan terus memperhatikan akreditasi kampus. Selain itu, terkait kenaikan pangkat, LLDIKTI Wilayah V juga sangat mendorong bagi PT agar para dosennya memiliki spirit melanjutkan studi. (nun/ ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here