Monday, June 27, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomePendidikanLKMM-TD UPY : Pentingnya Kemampuan Berkomunikasi dan Berorganisasi pada Mahasiswa

LKMM-TD UPY : Pentingnya Kemampuan Berkomunikasi dan Berorganisasi pada Mahasiswa

BERNASNEWS.COM — Universitas PGRI Yogyakarta (UPY) menggelar Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa – Tingkat Dasar (LKMM-TD) Batch-2, Sabtu dan Minggu, 26 – 27 Oktober 2019, dengan peserta mahasiswa baru angkatan 2019 yang berasal dari 9 Prodi, yaitu Teknik Industri, Manajemen, Akuntansi, Biomedis, Ilmu Gizi, Farmasi, Elektromedis, Teknologi Hasil Pangan, dan Agroteknologi, dengan total peserta yang hadir sekitar 260 peserta.

Sigit Handoko, SH, MH selaku ketua panitia LKMMTD menyampaikan, bahwa agenda LKMM-TD ini sangat perlu untuk diikuti oleh mahasiswa baru UPY guna mempersiapkan peserta dalam mengarungi masa studi. Peserta diajarkan materi soft-skill, seperti kepemimpinan, komunikasi, pola pikir prestatif, dan kemampuan berorganisasi.

Menurut Sigit Handoko, dengan tema besar LKMM-TD tahun 2019 “Membentuk Pemimpin Berkarakter Apik dan Unggul Berwawasan Hastha Brata”, diharapkan mahasiswa dapat merefleksikan kepada diri masing-masing untuk selalu berproses menjadi pribadi yang Apik, Unggul dan berwawasan Hastha Brata.

“APIK sendiri merupakan kepanjangan dari Agamis, Profesional, Inovatif, dan Kebangsaan, serta berwawasan Hastha Brata, yakni 8 sifat inti seorang pemimpin dalam tradisi Jawa,” jelas Sigit, Minggu (27/10/20119).

Sigit juga mengulas tentang kemampuan berkomunikasi yang meliputi mendengar aktif dan berbicara efektif. Wawasan program kerja, meliputi pembentukan gagasan awal dan pengorganisasian kepanitiaan. Peserta juga diajak bermain games untuk meningkatkan kemampuan individual dalam mengolah informasi, seperti permainan komunikata, simulasi debat pro dan kontra terhadap suatu studi kasus, dan permainan yang menguji kekompakan tim.

Dalam kegiatan tersebut Sigit Handoko, SH, MH didampingi oleh 8 mahasiswa sebagai pendamping materi, yaitu, Yulia Erin Dewardo dan Wahyudin perwakilan BEM KM, Zulfikar Muhammad Reza dan Buana Hepi dari BEM Fakultas Bisnis, Alfis Syahrin dan Mustakim dari BEM Fakultas Pertanian, serta Ahmad Khanif dan Azis Purnomo dari HMP Agroteknologi.

“Keikutsertaan mahasiswa dalam organisasi di kampus sangat membantu dalam pembentukan softskill komunikasi, kemampuan memahami orang lain, urusan sponsorship, hingga keuntungan dalam membangun relasi yang sangat penting di dalam dunia kerja nantinya,” imbuh Khanif. (nun/ ted)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments