Home Pendidikan Lima Program Studi di UII Raih Akreditasi Unggul

Lima Program Studi di UII Raih Akreditasi Unggul

1173
0
Kampus Terpadu UII Jalan Kaliurang. Foto : kumparan.com

BERNASNEWS.COM – Lima program studi (prodi) di lingkungan UII meraih akreditasi unggul dari lembaga penjaminan mutu pendidikan tinggi. Akreditasi unggul (setara dengan A) ini diraih karena sebagian besar prodi juga telah mengantongi akreditasi internasional.

“Jaminan terhadap kualitas pendidikan terus menjadi perhatian utama UII. Bukan sekadar jargon, namun hal itu dibuktikan melalui pengakuan lembaga eksternal yakni Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT),” kata Prof Fathul Wahid ST MSc PhD, Rektor UII, Senin (22/6/2020).

Kelima prodi yang meraih akreditasi unggul tersebut adalah Prodi Kimia Program Sarjana (S1 Kimia), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Islam Indonesia (FMIPA UII). Prodi ini berhasil mendapatkan peringkat Akreditasi Unggul berdasarkan Keputusan BAN-PT No.3400/SK/BAN-PT/Akred-ItnI/VI/2020.

Kemudian Prodi Teknik Sipil Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP UII) mendapatkan akreditasi unggul berdasarkan implementasi dari peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) yang baru tentang akreditasi program studi. Peraturan tersebut menyatakan bahwa prodi yang telah terakreditasi internasional (untuk prodi teknik harus terakreditasi di dalam lingkup Washington Accord) dapat disetarakan menjadi prodi Unggul dalam pandangan akreditasi nasional.

Selain itu, Prodi Teknik Lingkungan. Prodi ini pun meraih akreditasi unggul. Akreditasi internasional prodi di bawah FTSP UII ini diperoleh dari badan internasional Accreditation Board for Engineering and Technology (ABET) dan IABEE serta akreditasi nasional A BAN-PT berdasarkan SK No 2861/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2016.

Selanjutnya Prodi Arsitektur (S1) dan Prodi Profesi Arsitek (PPAr). Jurusan Arsitektur UII kembali membuktikan pencapaian yang membanggakan. Sebagai salah satu peraih Akreditasi Internasional level tertinggi untuk pendidikan arsitektur di Indonesia (akreditasi penuh enam tahun) dari Korea Architectural Accrediting Board (KAAB) di awal 2020, kedua prodi di Jurusan Arsitektur UII yaitu Prodi Sarjana Arsitektur (S1) dan Prodi Profesi Arsitek (PPAr) mendapatkan pengakuan di level tertinggi dari BAN-PT dengan level Akreditasi Unggul masing-masing dengan SK BAN-PT No.3523/SK/BAN-PT/Akred-Itnl/S/VI/2020 dan N0.3522/SK/BAN-PT/Akred-Itnl/PP/VI/2020.

Menurut Rektor UII, akreditasi unggul yang diraih merupakan prestasi kolekti, karena ada banyak aktor yang terlibat. Tidak hanya aktor yang sekarang memegang amanah, tapi juga yang lampau. Karenanya kontribusi semua aktor perlu diapresiasi.

Selain itu, akreditasi ini juga sekaligus bukti pengakuan pihak luar atas kualitas pendidikan di UII. Dan apresiasi ini kami pandang sebagai amanah, kepercayaan yang harus dijaga. “Akreditasi unggul ini juga salah satu kebijakan kampus merdeka yang dicanangkan oleh Mas Menteri. Kelima program studi yang terakreditasi unggul ini melalui jalur khusus yakni pengakuan akreditasi internasional,” kata Rektor UII. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here